ABK KM Cengkeh 06 Tewas Tertimpa Crane Di Pelabuhan Biringkassi Pangkep

Udin Syaharuddin
Sudirman (65) ABK KM Cengkeh 06 tewas usai tertimpa crane di Pelabuhan Biringkassi

PANGKEP, iNewsCelebes.id - Seorang kru Kapal Motor (KM) Cengkeh 06 tewas mengenaskan usai tertimpa crane di Pelabuhan Biringkassi, Kecamatan Bungoro, Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (25 /07/2023) Pagi.

Korban adalah Sudirman Pathi (65) yang merupakan anak buah kapal (ABK) KM Cengkeh 06 yang berasal dari Kabupaten Sidrap, Sulsel.

Kasat Reskrim Polres Pangkep Iptu Prawira Wardani mengungkapkan peristiwa tragis ini terjadi ketika proses pemuatan semen jumbo dengan menggunakan crane untuk mengangkat dan merapikan semen.

"Pada hari senin 25 Juli 2023 sekitar pukul 08.00 Wita telah terjadi laka kerja di KM Cengkeh 06 di Pelabuhan Biringkassi, Pangkep," ucap Kasat Reskrim Polres Pangkep melalui via Whatsapp, Selasa (25/7/2023).

Saat itu, sambung, Kasat Reskrim Polres Pangkep, crane sementara mengangkat dan merapikan semen jumbo yang sudah ada diatas kapal tiba tiba Crane yang digunakan Patah dan roboh sehingga menimpa korban yang sedang mengawasi proses pemuatan. 

"Pada saat Herman dan korban sedang mengawasi proses pemuatan semen jumbo dengan menggunakan crane ke atas kapal KM Cengkeh 06, tiba-tiba crane patah dan seketika roboh. Pada saat bersamaan menimpa korban yang sedang mengawasi proses pemuatan," ucap Iptu Prawira Wardani. 

Akibat kejadian ini, korban sketika meninggal di tempat. Jenazah Sudirman kemudian di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batara Siang Pangkep. 

"Selanjutnya korban di bawa ke RSUD Pangkep untuk dilakukan Visum," Sambung Prawira Wardani. 

Polisi juga melakukan olah Tempat Kejadian Perkara  (TKP) dan memeriksa sejumlah saksi.

Polres Pangkep meminta keterangan terhadap pihak Syahbandar, terkait kelayakan berlayar hingga kelayakan alat berat kapal tersebut.

Terkait adanya potensi kelalaian dalam kecelakaan kerja, pihak polisi mengaku masih melakukan pendalaman.

"Kami masih dalam proses penyelidikan," pungkasnya.

Editor : Arham Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network