Debit Air Bendungan Leko Pancing Surut, Suplai Air PDAM Makassar Berkurang

Rusdy Ansor
Direksi Perumda Air Minum Kota Makassar (PDAM) meninjau Kondisi Air Baku Bendung Leko Pancing di Desa Puca' Kecamatan Leko Pancing Kabupaten Maros - Foto Istimewa/Rusdy Ansor .

MAROS, iNewsCelebes.id - Akibat El Nino atau kemarau panjang sumber air baku PDAM Makassar di bendung Leko Pancing di Desa Puca, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros surut. Dari hasil pantauan Direksi Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar di Bendung Leko Pancing, debit air sungai sangat menurun, bahkan nyaris kering. Rabu (30/8/2023).

Peninjauan air baku leko pancing di pimpin langsung oleh Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Benny Iskandar, bersama Direktur Umum & Pelayanan Perumda Air Minum Kota Makassar, Indira Mulyasari, Direktur Air Limbah Perumda Air Minum Kota Makassar Ayman Adnan dan Satriani Ulfiah Mungkasa sebagai Direktur Keuangan meninjau langsung dari pintu air Bendungan.

Inilah yang menyebabkan distribusi air PDAM Kota Makassar ke utara kota dan timur kota menjadi berkurang. Sehingga banyak masyarakat yang mengalami dampak dari kekurangan distribusi air PDAM di Kota Makassar. 

"Kita bisa melihat langsung bagaimana keadaan sumber air baku PDAM makassar yang berada di bendungan Leko Pancing. Inilah yang menyebabkan distribusi air PDAM kota makassar ke utara kota dan timur kota menjadi berkurang. Sehingga banyak masyarakat yang mengalami dampak dari kekurangan distribusi air kami, Ujar Benny Iskandar 

"Mestinya produksi normal itu 1.300 meter kubik, hari ini turun drastis di angka 500 - 600 meter kubik," Ungkap Benny 

Untuk mengantisipasi kebutuhan air PDAM Masyarakat sejak bulan Juni dengan menurunkan pompa suplesi tepatnya di sungai Moncongloe tapi kenyataannya sumber air baku berkurang sehingga untuk mengantisipasi dengan memberikan layanan optimal melalui mobil tangki. 

"kita sudah bekerja sama dengan beberapa kecamatan yang berdampak untuk memberikan kami data data tentang data kelurahan kelurahan yang kekurangan atau tidak mendapatkan air,"Jelas Benny. 

PDAM juga tekah berkoordinasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar untuk mendapatkan bantuan mobil tangki. Sebab, hanya 9 dari 15 unit tangki mobil PDAM yang dapat beroperasi secara optimal. 

Benny mengungkapkan atas Inisiasi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, dalam upaya pemenuhan Air Bersih untuk masyarakat, akan libatkan PDAM dengan Unhas khususnya Fakultas Geologi akan mencari sumber air yang baru.

Editor : Thamrin Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network