Festival Olahraga Kabupaten ( Forkab ), Bupati Cup II Resmi Dibuka Pj. Bupati Jeneponto

Sulaiman Nai
Pj. Bupati Junaedi Bakri didampingi ketua KORMI Muh. Arifin Nur, Kadispora Abd. Rahman Nara, Wakil Ketua STI Provinsi Sulsel, St. Hatidjah serta Ketua PORSI Andi Rina Pallawagau saat menghadiri pembukaan FORKOB Cup II di Ruang Pola Kantor Bupati Jeneponto

JENEPONTO, iNewsCelebes.id, -  Kegiatan Festival Olahraga Kabupaten (FORKAB) Bupati Cup II resmi dibuka. Festival olahraga tersebut dibuka oleh Pj. Bupati Jeneponto Junaedi Bakri di Ruang Pola Panrannuanta Kantor Bupati Jeneponto, Jumat 11/10/ 2024.

Acara bertajuk "Peningkatan Kapasitas INORGA & Pemanfaatan Olahraga Tradisional Masyarakat" ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai Induk Organisasi Olahraga (INORGA) di Kabupaten Jeneponto. 

Pembukaan festival olahraga ini sekaligus ditandai dengan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah kepada seluruh pengurus INORGA Kabupaten Jeneponto.

Sebelum acara festival dimulai, Kadispora Kabupaten Jeneponto, Abd. Rahman Nara menyampaikan terlebih dahulu ucapan terima kasih kepada Pj. Bupati, Junaedi Bakri bersama Ketua KORMI Jeneponto, Muh. Arifin Nur dan Wakil Ketua STI Provinsi Sulsel, St. Hatidjah serta Ketua PORSI Andi Rina Pallawagau karena sudah hadir dalam kegiatan ini.

Kadispora juga menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan ajang Festival Olahraga tradisional yang patut dibanggakan Masyarakat agar lebih mempererat tali silaturahmi.

"Harapan saya semoga ajang ini kita semakin semangat dan dapat mempererat tali silaturahmi," Ujarnya. 

Sementara Pj. Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini. Olehnya itu, diharapkan agar event sejenis ini dapat lebih berkembang di Kabupaten Jeneponto.

"Tentu, Saya sangat mengapresiasi Event ini agar lebih berkembang atau kalau bisa jangan sampai kegiatannya hanya tahun ini saja. Harapan ini juga sudah disampaikan dari Provinsi yang ternyata juga sangat mendukung kegiatan ini," Ungkapnya.

Meski sudah mendapatkan dukungan penuh dari berbagai sektor, namun Junaedi mengakui bahwa  kegiatan ini masih sangat membutuhkan bentuk dukungan penuh dari Pemerintah Daerah, seperti, penyediaan sarana dan prasarana olahraga.

Walaupun fasilitas sarana dan prasarana tersebut belum tersedia, Junaedi menyebut sudah dapat melihat Kabupaten Jeneponto sudah dikatakan sehat dan produktif. 
 
"Saat ini kita lihat sudah mulai dilakukan dan mampu mewujudkan Kabupaten Jeneponto sehat dan produktif. Dalam jiwa sehat terdapat juga jiwa yang sehat atau nikmat Rohani dan Jasmani," bebernya.

Selain mendapatkan nikmat Jasmani dan Rohani,  kegiatan ini juga ternyata mampu meningkatkan Ekonomi dikarenakan banyaknya jumlah peserta olahraga yang sudah bisa membeli alat atau pun sepatu olahraga. 

Disamping itu pula, pihaknya juga sangat memuji dan mengapresiasi Ketua Kormi, Kadispora dan seluruh pengurus Inorga yang telah dikukuhkan keanggotaannya bersama seluruh panitia pelaksana. Terlebih lagi, Junaedi menitipkan harapan untuk pengembangan kuda di Jeneponto sebagai kegemaran para leluhur Turatea.

Maka dari itu, Junaedi menyebut TST diharapkan dapat menjadi bagian terintegrasi kawasan Wisata Sungai, Wisata Pantai dan Wisata Mangrove.

"Dengan hadirnya TST (Turatea Sport Tourism) Center nantinya dapat menjadi Pusat Pengembangan Kuda Turatea," tutupnya.

Wakil Ketua Senam Tera Indonesia (STI) Sulsel, St. Hatidjah menilai bahwa Pemkab Jeneponto sangat antusias dan sangat welcome dengan kegiatan ini. Mulai dari acara pelantikan pengurus Senam Tera Indonesia untuk Jeneponto juga untuk PORSI Jeneponto.

"Saya salut dengan Pak Pj. Bupati beserta Sekda dan Kadispora yang hadir karena jarang sekali ada pelantikan dan semua pejabat hadir. Tapi kali ini semuanya bisa hadir dan lengkap disini," bebernya. 

Dengan hadirnya semua unsur pendukung ini, maka secara otomatis dapat memberikan Kita motivasi dan saya sebagai pengurus Provinsi tentu sangat bersemangat dan bangga.  Yang lebih kerennya lagi, semuanya menyerukan agar kegiatan ini tak berhenti disini melainkan tetap bisa dilanjutkan terus dimasa mendatang.

Terpisah, Suardi A. Kahar selaku Sekertaris Umum KORMI Jeneponto mengharapkan dengan hadirnya kegiatan tersebut maka INORGA akan semakin bertumbuh kembang di Butta Turatea. maka dari itu, ini merupakan pertanda zaman bangkit dan jayanya Olahraga Masyarakat.

"BUPATI CUP sebagai wadah penggemblengan para atlit Olahraga Masyarakat, sekaligus ikhtiar melahirkan Atlit bertalenta nasional dan dunia," tutupnya.

Editor : Thamrin Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network