get app
inews
Aa Read Next : Hotman Paris Hutapea Kritik Pedas Bandara Sultan Hasanuddin Makassar: AC Mati, Panas Keringatan

Bea Cukai Makassar Periksa Jemaah Haji Berbalut Emas

Senin, 10 Juli 2023 | 19:17 WIB
header img
Pihak Kantor Bea Cukai Makassar meminta klarifikasi Sunarti Dg Kanang terkait emas 180 gram emas yang dia gunakan saat tiba di tanah air. Diduga emas tersebut dibeli di Arab Saudi saat dirinya naik haji - Foto : iNewsCelebes.id/ Suniarti Dg Kanang.

Makassar, iNewsCelebes.id - Jemaah Haji asal Kota Makassar, Hj. Suanarti Dg Kanang, datang ke kantor Bea Cukai Makassar untuk memberikan klarifikasi terkait emas seberat 180 gram yang ia pakai saat tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Maros. Sunarti Dg Kanang saat memberikan keterangan, senin(10/07/2023) pagi, didampingi kuasa hukumnya, Ibu Ayu.

Menurut Ibu Ayu, pihaknya telah memberikan klarifikasi dan sudah tidak ada permasalahan lagi.

"Sudah diklarifikasi sama bea cukai, tanya bea cukai saja, kami sudah klarifiasi ke bea cukai. jadi informasinya, masnya, tanya ke bea cukai. Jadi kami sudah tidak ada permasalahan lagi dengan bea cukai. Sudah diceritakan semua sama bea cukai terkiat yang di virlakan itu. tadi diperiksa dari jam 8 mas. materi pemeriksaan silahkan konfirmasi ke bea cukai, yah, di klarifikasi aja, terimakasih," ujar Ibu Ayu sambil bergegas meninggalkan Kantor Bea Cukai Makassar.

Sementara itu, pihak  Bea Cukai Makassar masih enggan memberikan detail informasi terkait pemeriksaan tersebut. Pihak Bea Cukai mengaku masih melakukan pemeriksaan kualitas dan berst emas yang dibeli Suniarti Dg Kanang.

"Saat ini masih dalam proses pemeriksaan di unit pengawasan kami. kalau untuk materi pemeriksaannya, mungkin saya tidak bisa jelaskan di sini karena yang pertama terkait dengan konfirmasi orangnya, pasti, kemudian pengecekan barangnya, jadi memang nanati kami periksa dulu barangnya, apakah itu emas asli ataukah imitasi, kemudian nanti untuk dilakukan perhitungan pajaknya," ucap Humas Bea Cukai Makassar, Novika.

Novika menambahkan, memang ada ketentuan impornya jika transaksi lebih 500 dollar, akan diperhitungkan biaya masuk dan pajak impornya.

"Kalau sekitar 500 dollar sekitar 7 juta-an sekian yah. yah, jadi nantikan untuk menentukan besaran pajaknya, biaya masuk tadi, yang saya bilang itu, harus kita pastikan bahwa emas itu, apakah asli atau bukan. Karena hraganya juga pasti berbeda kan begitu. nanti kalau sudah selesai pemeriksaan, akan kita lakukan penelitaian lebih lanjut, jadi untuk menentukan langkah tindak lanjutnya," ungkap Novika.

Sebelumnya, Jamaah Haji Kloter 1 Makassar ini viral di media sosial setelah beredar cideo amatir yang memperlihatkan sosok Suniarti Dg Kanang memamerkan emas yang dia pakai saat turun dari pesawat. Rekaman tersebut mendapat reaksi dari netizen. Sebagaian kagu, sebagian lagi menyoroti aksi pamer tersebut karena dinilai berlebihan.

Editor : Andi.M.Yusuf Aries

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut