get app
inews
Aa Read Next : Basarnas Makassar Terjunkan Personel Cari Seorang Warga yang Melompat dari Jembatan Sungai Pappa

2157 Orang Rayakan HUT RI ke 78 di Gunung Bawakaraeng, Satu Pendaki Cedera Dievakuasi SAR

Kamis, 17 Agustus 2023 | 07:48 WIB
header img
Tim SAR Gabungan mengevakuasi seorang pendaki yang mengalami pendarahan di Pos 10 Gunung Bawakaraeng (Foto: dok SAR Makassar)

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - Sebanyak 2157 pendaki merayakan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 di Gunung Bawakaraeng , Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (17/8/2023).

Data yang diperoleh dari Basarnas Makassar, upacara bendera merah putih tersebut terbagi di dua lokasi yakni 1370 pendaki di puncak Gunung Bawakaraeng dan 787 pendaki berada di kaki Gunung Bawakaraeng di Lembah Ramma.

"Para pendaki mulai melakukan registrasi pada 15 Agustus lalu 16 Agustus upacara pelepasan peserta pendaki. Kemudian 17 Agustus upacara pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Bawakaraeng serta pembentangan bendera merah putih raksasa di Lembah Ramma" ujar Kepala Basarnas Makassar ujar Mexianus.

Tim SAR gabungan sendiri menerjunkan 236 personil untuk memantau kegiatan upacara pengibaran bendera ini. Mereka terbagi pada 67 personil di posko utama, 18 personil di Lembah Ramma, serta 145 personil berada di pos 5, 8 dan 10.

Sementara itu, Tim SAR juga melaporkan satu orang pendaki mengalami luka pendarahan di pos 10 saat hendak menuju puncak gunung. 

Saat ini korban berhasil dievakuasi  SAR gabungan melalui jalur Tassosso pada Kamis (17/8 2023) dini hari.

"Pukul 02.30 dini hari tadi tim sar gabungan telah mengevakuasi Syahril, tim sar gabungan yang berada di lokasi kejadian melakukan intercept dengan tim sar gabungan dari pos 8 dan pos 10 gunung bawakaraeng, dan bertemu di pos 5 jalur Tassosso, Kabupaten Sinjai," ujar Mexianus.

Mexianus menyatakan bahwa pendaki yang di evakuasi ini untuk selanjutnya dibawa ke Puskesmas Manipi, Sinjai Barat.

Editor : Arham Hamid

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut