get app
inews
Aa Read Next : SYL Mundur Sebagai Mentan: Saya Orang Bugis, Harga Diri Lebih Tinggi dari Pangkat dan Jabatan

Geledah Rumah Pribadi Mentan SYL, KPK Sita Satu Mobil Mewah dan Dua Koper

Rabu, 04 Oktober 2023 | 17:48 WIB
header img
Penyidik KPK menyita satu buah koper dan satu unit mobil Audi di dua lokasi berbeda di kediaman pribadi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

MAKASSARiNewsCelebes.id - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di dua kediaman pribadi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Rabu (4/10/2023).

Dalam penggeledahan tersebut, KPK menyita satu unit mobil mewah merk Audi dan dua buah koper.

Dua rumah pribadi SYL terletak di Bumi Permata Hijau Blok C1 nomor 1 dan di Jalan Pelita Raya, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulsel. 

Lokasi pertama penggeledahan dilakukan di Kompleks Bumi Permata Hijau sejak pagi hingga 15.30 Wita sore. Proses penggeledahan dijaga ketat sejumlah personil bersenjata laras panjang. 

Dalam penggeledahan tersebut, terlihat seorang penyidik KPK memakai jaket, masker dan topi, berjalan keluar dari dalam rumah pribadi Syahrul dan menyita sebuah koper.

Lokasi kedua penggeledahan di rumah pribadi Mentan Syahrul yang terletak di jalan Pelita Raya berlangsung hingga pukul 16.30 Wita.

Sebelumnya terlihat sejumlah penyidik KPK tiba di lokasi dan dengan cepat langsung masuk rumah Syahrul. Penyidik juga mendapatkan pengawalan aparat kepolisian dari Polrestabes Makassar.

Usai penggeledahan, penyidik kemudian keluar menenteng koper dan naik ke mobil. Selain itu, penyidik KPK  juga  menyita  satu mobil mewah  jenis sedan Audi dengan plat, DD 57 US.

Ketua RW 06  Kelurahan Buakana, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Assad mengakui kehadirannya untuk menyaksikan langsung Penyidik KPK  melakukan penggeledahan. 

“Untuk ini dari KPK, menyaksikan saja penggeledahan, sebagai ketua RW”. Ujar, Assad, Ketua RW saat keluar dari rumah pribadi Mentan SYL.  

Ketua RW menyebut, Penyidik KPK tiba di lokasi sekitar pukul 11 Siang  yang berjumlah sekitar 5 orang. 

“Silahkan tanya KPK, saya bolak balik pulang tadi  karena ke mesjid apa semua , sekitar jam 11 datang, sekitar 5 penyidik KPK," pungkasnya.

Pekan lalu KPK juga menggeledah rumah dinas Mentan SYL di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tepatnya Kamis (28/9/2023).

Penggeledahan tersebut terkait dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) di Kementerian Pertanian (Kementan). 

KPK membuka penyelidikan soal dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) pada 14 Juni 2023 lalu.

Lima hari setelah pengumuman itu, tepatnya 19 Juni 2023, KPK memanggil SYL untuk dimintai keterangan terkait kasus penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian RI.

Editor : Arham Hamid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut