get app
inews
Aa Read Next : Ada 2 Tanggung Jawab Sopir Bus di Sulawesi, Keselamatan dan Urusan Perut Penumpang

Dahului Pemerintah, Hari Ini Ratusan Jemaah An- Nadzir Salat Idul Fitri 1445 H

Selasa, 09 April 2024 | 09:49 WIB
header img
Ratusan Jemaah An- Nadzir Salat Idul Fitri 1445 Hijriyah - Foto Tangkapan Layar / Bugma.

GOWA, iNewsCelebes. id - Meski pemerintah belum menetapkan jatuhnya 1 syawal, namun ratusan Jema'ah An-Nadzir di Kelurahan Mawang Kecamatan bontomarannu, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan hari ini melaksanakan shalat idul fitri 1445 hijriah, Selasa (09/04/2024). 

Penentuan jatuhnya 1 syawal 1445 hijriah dilakukan oleh Jema'ah An-Nadzir setelah mengamati perjalanan bulan, mulai sejak awal masuknya bulan ramadhan, hingga tiga hari menjelang berakhirnya bulan ramadhan. Selain mengamati perjalanan bulan, Jema'ah An-Nadzir juga melakukan pengamatan dengan melihat tanda-tanda alam seperti terjadinya air pasang puncak. 

Selain mengamati langsung perjalanan dan pergantian bulan Hijriah, Jemaah An- Nadzir juga menentukan awal dan akhir bulan dengan menggunakan bantuan aplikasi. 

" Jema'ah An- Nadzir salat Idul Fitri dilaksanakan hari ini karena telah meyakini bulan Ramadhan telah berakhir pada selasa dini hari 09/04/2024/ sekitar pukul 02:00 wita, " Kata Ustadz M. Samiriddin Pademmui Pimpinan Jema'ah An+ Nnadzir. 

Seperti umat Islam pada umumnya, usai melaksanakan Salat Idul Fitri, Jema’ah An-Nadzir juga mendengarkan khutbah Idul Fitri yang disampaikan langsung oleh pimpinan Jema'ah An-Nadzir, dan saling memaafkan antar sesama Jemaah. 

Editor : Thamrin Hamid

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut