get app
inews
Aa Read Next : Indira Yusuf Ismail Hadiri Halal Bihalal di Bontoala, Warga Teriak: Lanjutkan Kebaikan Demi Rakyat

Peserta PKA Angkatan XI LAN RI Adakan Outing Class Experiential Learning

Sabtu, 27 April 2024 | 18:18 WIB
header img
Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XI Puslatbang KMP LAN RI mengadakan outing class exuperiential learning di Kantor Imigrasi Tingkat 1 Makassar. (Foto: Istimewa)

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XI Puslatbang KMP LAN RI mengadakan outing class exuperiential learning di Kantor Imigrasi Tingkat 1 Makassar, Jl Perintis Kemerdekaan pada Sabtu, (27/04/2024).

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, A. Rezka Putra Arupalaka menyambut hangat 40 peserta PKA Angkatan XI LAN yang dipimpin oleh Maylitha Achmad.

Dalam pertemuan tersebut, Rezka menjelaskan kepada peserta terkait manajemen kerja dan inovasi layanan yang diterapkan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar. 

Salah satu inovasi yang dibahas adalah aplikasi Kantor Imigrasi Makassar Arsip Berteknologi Digital, atau dikenal sebagai KAISAR ARSITEK. Aplikasi ini menjadi metode pengarsipan dokumen secara digital, yang diluncurkan pada November 2023.

"Tujuan dari KAISAR ARSITEK adalah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengolahan data keimigrasian, baik untuk data Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA)," jelasnya.

Untuk mengetahui lebih detailnya, Rezka memberikan kesempatan para peserta untuk melihat secara langsung implementasi dari KAISAR ARSITEK dalam proses pengarsipan dokumen. 

Salah satu peserta, Fadliah Firman, menyatakan antusiasmenya dalam kunjungan ini. Menurutnya kunjungan ini memberikan wawasan praktis tentang inovasi dalam pengelolaan dokumen.

"Selain itu kita juga diberikan pengalaman berharga dalam memahami peran dan tantangan yang dihadapi oleh administrator publik dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kepada masyarakat," lanjutnya.

Ia berharap melalui outing class experiential learning ini membawa peserta PKA Angkatan XI LAN RI mendapatkan pemahaman yang lebih tentang pentingnya inovasi dan penerapan teknologi dalam meningkatkan kinerja dan layanan di lingkungan administrasi publik. (*)

Editor : Arham Hamid

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut