get app
inews
Aa Read Next : Daeng Ical Pimpin Tim Pemenangan Indira-Ilham

Survei Indira Yusuf Ismail Meningkat Tiga Bulan Terakhir, Bersaing dengan Appi di Puncak

Kamis, 08 Agustus 2024 | 10:50 WIB
header img
Bakal Calon Wali Kota Makassar Indira Yusuf Ismail (Foto: Tim Ininnawa)

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - Survei elektabilitas bakal calon Wali Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, mengalami tren positif, meningkat. Dari nol hingga mencapai 18,67 persen. Peningkatannya cukup signifikan jika dibandingkan dari beberapa lembaga survei di periode berbeda.

Pada Februari 2023 lalu, Indeks Politica Indonesia (IPI) mengeluarkan hasil survei. Saat itu, survei Indira Yusuf masih nol. Setahun kemudian, survei Indira Yusuf semakin melejit. 

Bahkan, sudah mendekati survei bakal calon lainnya, Munafri Arifuddin (Appi). 

Trennya, hanya selisih nol sekian persen. Berdasarkan survei Script Survei Indonesia (SSI) periode Juli 2024, elektabilitas Indira Yusuf mencapai 18,67 persen. Sedangkan Appi sekira 19,17 persen, di puncak.

Sebelumnya, survei SSI pada bulan Juni 2024 lalu, Indira Yusuf hanya mencapai 17,2 persen.


Hasil Survei Indira Yusuf Ismail bulan Juli 2024 (ist)

 

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga sebelumnya telah mengeluarkan hasil survei internalnya. Trennya, Indira Yusuf memperoleh 9,8 persen.

“Ini artinya, survei Ibu Indira meningkat semakin signifikan di tiga bulan terakhir belakangan ini,” kata Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, Dr Ibnu Hadjar Yusuf, Rabu (07/08/2024).

“Terkait hasil survei yang baru-baru dirilis oleh lembaga survei SSI yang begitu sistematis dan terukur Juni-Juli 2024, akurasi data dan objektif independen. Hasil 18,6 persen elektabilitas adalah nilai yang signifikan dalam pergerakan trennya ibu Indira Yusuf Ismail,” sambung Doktor Ibnu.

Dia menilai, peningkatan survei tersebut sejalan dengan ritme pergerakan politik Indira Yusuf yang dilakukan oleh relawan dan komunitas pendukung di tingkat akar rumput. Juga konsisten.

“Beliau juga aktif hadir di ruang publik dalam membangun dialog interaktif dengan warga. Terus bersosialisasi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, seperti kesehatan, pendidikan, sosial dan UMKM,” sebut Doktor Ibnu.

Baginya, Indira Yusuf memiliki modal sosial yang kuat. Juga dianggap sebagai perempuan yang cerdas, humanis, energik dan empatik.

“Itu kelihatan nyata di ruang publik, warga sangat antusias dalam menyambut dan menyapa Ibu Indira (Sombere dan Humanis). Inilah bagian dari variabel yang sangat mendukung dalam mengangkat elektabilitas dan popularitasnya,” tuturnya.

Dengan begitu, Doktor Ibnu berpendapat, Indira Yusuf bisa memenangkan pertarungan pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2024 nanti. Masih ada sisa waktu beberapa bulan sebelum Pilwalkot Makassar berlangsung, November mendatang.

“Tren survei Ibu Indira tidak stagnan, malah meningkat. Padahal merupakan figur pendatang baru,” kunci Doktor Ibnu.

Editor : Arham Hamid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut