Tim Rescue Unit Siaga Sar Toraja Evakuasi Korban Longsor di Toraja Utara

Ilham AS
Proses evakuasi korban tanah longsor di Toraja Utara oleh Tim SAR Gabungan. (Foto: Istimewa)

TORAJA UTARA, iNewsCelebes.id - Bencana longsor terjadi di Dusun Tembaba Kelurahan Talangsura Kecamatan Buntau Kabupaten Toraja Utara Provinsi Sulawesi Selatan pada Jumat, 26 April 2024 pukul 10.00 waktu setempat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar, Mexianus Bekabel segera memerintahkan tim rescue Unit Siaga Sar Toraja untuk melakukan proses evakuasi terhadap korban longsor.

"Kami mendapatkan informasi bahwa terjadi bencana longsor di Tana Toraja, dan para rescuer sudah diperintahkan untuk sesegera mungkin menuju ke lokasi kejadian," jelas Mexianus Bekabel.

Mexianus menambahkan bahwa ada delapan korban yang terdampak akibat longsor di Buntau, Toraja Utara. 

"Lima orang korban ditemukan selamat, satu orang meninggal di Rumah Sakit Elim," lanjut Mexianus.

Kemudian, dua orang korban yang sebelumnya dalam proses pencarian, juga telah berhasil ditemukan. Pada Jumat sore (26/04/2024), sekitar pukul 17.15 waktu setempat satu orang ditemukan oleh tim sar gabungan pada jarak 6 meter dari titik longsor.

"Korban ditemukan, yaitu satu orang atas nama Margareta Tanduk alias Mama Ical yang berusia 40 tahun. Ditemukan sekitar 6 meter terseret longsor," kata Mexianus.

Satu orang lainnya berhasil ditemukan oleh tim sar gabungan pada Sabtu sore (27/04/2024), sejauh 10 meter dari titik longsor.

"Korban berikutnya atas nama Margareta Renbon berusia 38 tahun telah ditemukan oleh tim sar gabungan pada sore ini, oleh karenanya sudah tidak ada lagi korban yang masih dalam pencarian," terang Mexianus.

Mexianus Bekabel memberi ucapan terima kasih kepada tim sar yang terlibat dalam proses evakuasi korban longsor tersebut.

"Terima kasih untuk tim sar gabungan yang telah menemukan korban dengan melaksanakan operasi sar dengan baik," ujar Mexianus.

Adapun nama korban selamat, yaitu Lusiana (45), Nobel Gadi (35), Paulus Sirupang(42), Yohana Laba (27), serta Sabina Samba (49). Sementara korban yang meninggal, yaitu Martina Linting (40), Margareta Tanduk (40), serta Margareta Renbon (38). (*)

Editor : Arham Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network