Diskominfo Kota Makassar Uji Coba Jaringan Internet Starlink di Pulau Barrang Lompo

Arham Hamid
Danny Pomanto Tinjau Langsung Uji Coba Jaringan Internet Starlink di Pulau Barrang Lompo - Foto Istimewa/Arham Hamid.

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - Komitmen Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk menghadirkan layanan internet yang merata di wilayah kepulauan kian nyata.

Pemerintah kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mulai melakukan uji coba pemasangan jaringan internet Starlink di Pulau Barrang Lompo, Jumat (12/7/2024).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto juga turun langsung meninjau uji coba layanan internet berbasis satelit ini di Pulau Barrang Lompo.


Uji coba Jaringan Internet Starlink di Pulau Barrang Lompo - Foto Istimewa.

 

"Dengan dilakukannya uji coba ini, kami berharap semua urusan layanan yang dilakukan secara digital dapat diselesaikan melalui fasilitas internet ini," kata Danny Pomanto.

Alasan Danny Pomanto menggunakan Starlink karena lebih efektif, cepat dan kuat dalam menangkap jaringan internet. 

Sehingga dirinya berharap pemerataan akses jaringan internet di wilayah kepulauan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat sekitar agar bijak menggunakan akses jaringan internet. Tidak digunakan untuk hal-hal yang merugikan seperti ikut judi online.

"Manfaat ini untuk mendidik anak-anak kita," ungkapnya.

Plt Kepala Diskominfo Makassar Ismawaty Nur mengatakan, uji coba ini dilakukan untuk memastikan koneksi jaringan internet berbasis satelit di Pulau Barrang Lompo.

"Hari ini kami mulai melakukan uji coba pemasangan Starlink, dan tadi kecepatannya sempat bisa mencapai 150 mbps," kata Ismawaty Nur.

Uji coba ini, kata Ismawaty dilakukan untuk sementara. Hanya untuk memeriksa kecepatan jaringan dan melihat kendala yang dihadapi ketika menggunakan jaringan internet Starlink di wilayah kepulauan.

"Kendaraannya listrik, letak idealnya masih kita cari. Kondisi cuaca juga memengaruhi kemampuan jaringan, karena ini satelit," tutup Ismawaty.

Pemkot Makassar akan menggelar jaringan internet berbasis satelit Starlink di sepuluh titik. Diharapkan pula jaringan internet Starlink bisa mengoptimalkan CCTV yang ada di setiap lorong untuk menekan aksi kriminalitas di Kota Makassar.

Editor : Thamrin Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network