get app
inews
Aa Read Next : Kru Kapal MV Heng Sang Kecelakaan Kerja, Basarnas Makassar Lakukan Evakuasi

Miris! 580 Siswa Belajar di Ruang Sekolah Tak Layak

Jum'at, 02 Juni 2023 | 08:36 WIB
header img
Kondisi salah satu ruang kelas di SMAN 19 Makassar (Foto: iNewsCelebes/Mulyadi)

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - Sebanyak 580 siswa di SMA Negeri 19 Makassar harus belajar di ruang kelas yang sudah tak layak digunakan. 

Fasilitas sekolah yang terletak di Jalan Inspeksi PAM Timur No.19 Makassar ini sudah banyak yang rusak. Plafon kelas rubuh, tegel lantainya pun banyak yang terlepas membahayakan para pelajar.

Belum lagi jika hujan, halaman sekolah akan tergenang banjir. Tak jarang pula banjir masuk menggenangi ruang. Plafon yang roboh dan atap yang bocor juga memperburuk kondisi ruang kelas saat hujan. Terpaksa pembelajaran dilakukan secara daring.

"Jadi hambatan yang pertama mungkin karna keterbatasan sarana dan prasarana yang kedua mungkin kondisi alam di saat musim hujan terkadang sekolah kami itu kebanjiran dan itu sangat menyita waktu tenaga dan fikiran sehingga proses belajar mengajar itu kita daring," ucap guru SMAN 19 Makassar, Sultan Arifuddin.


Foto: Mulyadi/iNewsCelebes.id

 

Sebenarnya sekolah ini memiliki lahan yang luas sekitar 1 hektare, namun hanya sebagian lahan yang terbangungi. Itu pun bangunannya ada beberapa ruang kelas yang tak layak lagi digunakan. 

Ditambah lagi jumlah ruang kelas yang terbatas membuat pihak sekolah harus membatasi jumlah siswa yang diterima, padahal diakui Kepala Sekolah SMA Negeri 19 Makassar, Syahruddin, jika tiap tahun banyak siswa yang ingin masuk bersekokah di tempat itu karena menjadi sekokah yang menghubungkan Makassar dan Maros.

"Ada  lokasi yang belum terbelai untuk di bangunkan ruangan saya kembali kepersoalan ini bahwa SMA 19 ini adalah pintu gerbang yang menghubungkan dua kabupaten yaitu kabupaten Maros dan Gowa dan saya yakin bahwa ke depan itu dari tahun ke tahun animo masyarakat untuk menyekolahkan disini," jelas Syahruddin

"PPDB tahun lalu itu menolak kurang lebih 130 siswa dengan demikian program utama guru Pemda jangan sampai ada anak - anak yang tidak sekolah," lanjutnya.   


Kondisi lantai di SMAN 19 Makassar Rusak Parah

 

Sementara itu, siswa-siswi di sekolah itu berharap agar fasilitas bisa dibenahi. 

"Haparan saya bisa lebih mendapatkan perhatian seperti kurangnya fasilitas sekolah seperti laboratorium dan lapangan dan lain-lainnya agar siswa siswi sman 19 Makassar dapat melaksanakan pelajaran dengan maksimal," harap Naura Rifah, siswi SMA Negeri 19 Makassar.

Editor : Arham Hamid

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut