get app
inews
Aa Read Next : Berkunjung ke Pattani Thailand Selatan, JK: Ajak Tingkatkan Peran Universitas dan Mesjid

Menjual BBM Non Subsidi, Perthasop di Sulsel Banyak Gulung Tikar

Rabu, 09 Agustus 2023 | 10:17 WIB
header img
Pertashop yang terletak di Tanralili, Kabupaten Maros, tidak ada pengunjuk. Pemilik usaha ini hampir pasti gulung tikar karena kerugian yang dialami - foto : iNewsCelebes.id/ Wahyu Ruslan

MAROS, iNewsCelebes.id - Pengusaha pertashop di Sulawesi Selatan meradang. Bukannya untung, mereka malah buntung sehingga terpaksa menutup usahanya. Seperti halnya pertashop yang berlokasi di Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, tidak ada pengunjung dan nyaris ditutup.

Menurut pemilik pertashop yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Sulsel Himpunan Perthasop Merah Putih, Abdul Salam, mengatakan, awalnya menggeluti bisnis ini karena tergiur keuntungan yang besar. Namun harapan tak sebanding kenyataan. Bukannya rame pembeli, ini malah hampir tutup karena tidak ada pemasukan.

"Rugi besar kita Pak. Cost yang dikeluarkan tidak sebanding dengan pengeluaran. Banyaknya pertamini yang menjual Pertalite ditambah maraknya pengecer menjadi penyebab utama. Bagaimana tidak, Pertamina hanya mensuplai kami BBM Non Subsidi. Kami tidak bisa bersaing harga, ujar Abdul Salam dengan mimik sedih.

Abdul Salam menambahkan, bukan hanya dirinya yang mengalami kerugian seperti ini. Tapi ratusan pengusaha pertashop yang tersebar di Sulsel juga mengalami hal yang sama.

"Kendalanya sama. Kami hanya menjual BBM Non Subsidi, Pertamax. Sementara diluar sana kita liat, pertamini dan pengecer bak jamir di musim hujan. Jumlahnya semakin banyak. Pasti kami tidak bisa bersaing harga," sesal Abdul Salam.

Menurut Abdul Salam, penjualan di pertashop semakin menurun sejak disparitas harga pertamax dan pertalite. Terlebih kagi sejak pertamina menurunkan harga pertamax di angka 12.800 rupiah per liternya dari harga sebelumnya 13.550 rupiah per liternya. Sementara harga pertslite jauh lebih murah, 10.000 per liter. Sehingga konsumen yang menggunakan pertamax rame-rame beralih ke pertalite karena lebih murah.

Abdul Salam berharap, agar Pertamina sebagai partner bisnis dalam hal ini memberi solusi yang tepat. Seperti halnya mengijinkan pengusaha pertashop menjual BBM Bersubsidi, seperti pertalite. Sehingga usaha meraka tetap bisa bertahan dan  eraup keuntungan.

Editor : Andi.M.Yusuf Aries

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut