get app
inews
Aa Read Next : Minibus Dari Arah Bone Menuju Gowa Masuk Jurang , 6 Orang Luka-luka

PRJ 2023 Prodi Jurnalistik UIN Alauddin Makassar Usung Tema Arunika Barrang Lompo

Selasa, 05 Desember 2023 | 08:29 WIB
header img
Mahasiswa UIN Alauddin Gelar Pekan Raya Jurnalistik PRJ 2023 - Foto Istimewa/Tim iNewsCelebes.id.

GOWA, iNewsCelebes.id - Mahasiswa program studi (Prodi) Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar bakal menggelar Pekan Raya Jurnalistik (PRJ).

Pekan Raya Jurnalistik atau PRJ adalah evant tahunan mahasiswa Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Acara tersebut merupakan ajang pameran karya mahasiswa jurnalistik sekaligus dirangkaikan milad ke-18 tahun Prodi Jurnalistik.

Tahun ini bakal diselenggarakan di Halaman Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Kampus 2 UIN Alauddin Makassar pada 4 hingga 6 Desember 2023.

PRJ tahun ini mengusung tema Arunika Barrang Lompo yang bermakna matahari terbit dari sebuah pulau padat penduduk yakni pulau Barrang Lompo dengan penghasilan rerata masyarakatnya diperoleh dari teripang.

"Pulau barang lompo merupakan salah satu pulau yang berada di kota makassar yang memiliki keterunikan sendiri. Adapun yang menjadi ketertarikan kami mengangkat tema pulau barrang lompo yang pertama pulau ini memiliki penduduk yang paling padat di antara semua pulau di kota makassar kemudian sumber daya taripang di pulau barrang lompo yang menjadi fokus utama ekonomi masyarakat disana. Kami tertarik untuk memperkenalkan kepada khalayak banyak bahwa ternyata ada loh pulau dengan fokus penghasilannya teripang," Ungkap ketua panitia PRJ, Zulkifli pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Zul menuturkan bahwa disinilah peran mahasiswa jurnalistik untuk memperkenalkan sumber mata pencaharian masyarakat pulau yang tak banyak orang ketahui.

"Karena kami sebagai mahasiswa jurnalistik ingin memperkenalkan kepada khalayak banyak bahwa terdapat salah satu pulau indah di kota makassar yang fokus mata pencariannya sebagai penyelam taripang selain menjadi seorang nelayan. Penyelam teripang memiliki daya tarik jurnalisme jika melihat proses penangkapan taripang," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan Tema kali ini berbeda dengan tema PRJ pada tahun-tahun sebelumnya.

"Jika PRJ tahun kemarin itu mengangkat tema mengenai ketimpangan sosial yang berfokus pada anak² di kota makasar, nah tahun ini kami mengangkat tema mengenai sebuah pulau di kota makassar yakni barrang lompo. Ini sungguh berbeda 100%, namun satu yang tetap akan sama di PRJ kemarin, hari ini dan tahun depan yakni kami tetap mengutamakan unsur kejurnalistikan di dalam pengemasannya," Lanjut Kifli.

Terkahir Kifli menyampaikan harapan besarnya kepada mahasiswa Jurnalistik.

"Harapan saya, PRJ tahun ini bisa menjadi wadah teman teman untuk berkarya di dalamnya dan bisa mengekspos nama jurnalistik di luar sana," Tutupnya.

Editor : Thamrin Hamid

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut