get app
inews
Aa Read Next : Program Magang Lewat JKN Apprenticeship Program Peluang Kerja Bagi Mahasiswa

PB IKAMI Sulsel Sebut Andi Fahrul Amsal Layak Jadi Wamenkumham

Selasa, 02 Januari 2024 | 21:16 WIB
header img
Andi Fahrul Amsal Owner Amura Pratama - Foto Tangkapan Layar.

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - Pengurus Besar (PB) Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan (IKAMI SULSEL) menyebut kekosongan jabatan posisi Wakil Menteri (Wamen) Hukum dan HAM harus segera diisi.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PB IKAMI Sulsel, Andi In’amul Hasan.

“Setelah KPK menetapkan Edward Omar Sharif Hiariej sebagai tersangka, kursi Wakil Menteri Hukum & HAM kosong. Presiden perlu segera memilih Wakil Menteri agar tidak terjadi kekosongan,” Jelasnya Selasa (2/1/2024).

Lebih lanjut, In'amul berharap agar wamen yang dipilih adalah orang yang mempunyai pengalaman.

“Saya rasa banyak sekali orang yang berkompeten untuk mengisi kursi Wakil Menteri, salah satunya Andi Fahrul Amsal yang kini banyak memberdayakan narapidana,” Tambahnya.

Ia mengusulkan Andi Fahrul Amsal sebagai Wakil Menteri karena dinilai telah banyak berkontribusi pada perbaikan kualitas narapidana di Indonesia.

Melalui Amura Pratama merupakan perusahaan konvensi milik Andi Fahrul Amsal, para narapidana diberi keterampilan menjahit dan upah hasil jahitan bisa dipakai untuk membiayai keluarga.

Seperti yang dilakukan di Lapas Kelas I Makassar, para narapidana mampu mendapatkan penghasilan hingga mencapai Rp 4 juta. Nilai ini mengalahkan Upah Minimun Kota (UMK) Makassar yang mencapai Rp3,5 juta. 

“Sosok Andi Fahrul Amsal hingga hari ini fokus memberdayakan narapidana yang sementara menjalani masa tahanan di Lapas. Mereka diberi keterampilan dan dipekerjakan selama menjalani masa tahanan, mereka bahkan diberi gaji yang nilainya bisa sampai diatas UMR, seperti di Lapas Kelas 1 Kota Makassar, penghasilan narapidana melalui industri Garmen yang dipekerjakan bisa mencapai 4 juta,” Ucapnya.

Dengan konsep pemberdayaan yang dilakukan oleh Andi Fahrul Amsal, dinilai mampu membuat narapidana punya keterampilan pasca bebas dari masa tahanan.

Ketum IKAMI itu juga menganggap bahwa jika Andi Fahrul diberi kepercayaan bukan tidak mungkin akan bisa membuat banyak terobosan pada bidang hukum.

"Jika dia diberi amanah sebagai Wakil Menteri maka saya yakin Kementerian Hukum dan HAM maju sebab kolaborasi Pak Yasona dan Andi Fahrul Amsal bisa saling melengkapi,” Tutupnya.

Editor : Thamrin Hamid

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut