get app
inews
Aa Read Next : Program JKN Menjadi Penyemangat Berobat Daniel di Hari Tua

Rasakan Berbagai Manfaat, Erniati Tak Menyangka Layanan JKN Sudah Sebagus Ini

Jum'at, 26 April 2024 | 13:37 WIB
header img
Erniati (37), menunjukkan kartu JKN miliknya saat ditemui di RSUD Tenriawaru. Ia baru saja melakukan kontrol paska operasi.

BONE, iNewsCelebes.id - Tak dapat dipungkiri, Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia.

Seperti yang dirasakan oleh Erniati (37), serorang ibu rumah tangga yang merasa beruntung telah terdaftar dalam Program JKN. Ia berlega hati mendapat penjaminan penuh dari BPJS Kesehatan untuk menjalani operasi pengangkatan tumor payudara.

“Saat mengetahui ada benjolan, saya langsung minta anak saya mengantar ke puskesmas untuk periksakan ke dokter,” kata Erniati.

Erniati menceritakan bahwa pertama kali ia memeriksakan penyakitnya saat Desember 2023. Begitu masuk ia langsung ke bagian pendaftaran, dan dengan ramahnya petugas menanyakan identitasnya sebagai peserta JKN. Ia merasa takjub dan senang karena menurutnya layanan melalui BPJS Kesehatan sudah menjadi prioritas di puskesmas tersebut.

“Saya takjub dan bangga memiliki JKN, ternyata sudah semudah ini memanfaatkannya. Saya beberapa kali mendengar kabar miring, namun setelah saya merasakan pelayanannya bisa saya pastikan itu tidak benar,” ungkapnya.

Pelayanan ramah yang ia dapatkan membuatnya merasa sangat dihargai dan diperhatikan oleh petugas puskesmas yang dinilainya inisiatif dengan terlebih dulu menanyakan kepesertaan JKNnya. Hal ini membuat Erniati semakin yakin bahwa pelayanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah semakin baik.

Bagi Erniati, pengalaman pertamanya menggunakan JKN setelah delapan tahun terdaftar sebagai peserta JKN, telah memberikan keyakinan bahwa pemerintah melalui BPJS Kesehatan telah serius berupaya dalam menyediakan akses kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.

“Dengan pelayanan yang sebagus ini, Program JKN yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan sudah patut diapresiasi,” kata Erniati

Erniati mengatakan bahwa keaktifan petugas puskesmas dirinya mendapatkan layanan juga membuatnya merasa dihargai sebagai warga negara yang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Erniati berharap program-program seperti ini terus ditingkatkan untuk kesejahteraan semua orang di Indonesia.

Lanjutnya, saat berobatnya di puskesmas, dokter memberitahunya bahwa benjolannya itu adalah tumor. Tanpa menunda, dokter memberikan rujukan untuk dirawat lebih lanjut di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru.

“Saat mendapat rujukan, petugas puskesmas membantu dan memberikan informasi terkait rujukan sebelum mendatangi rumah sakit yang dituju. Saya harap semua puskesmas bisa memberikan pelayanan sebaik ini,” harapnya.

Sama halnya dengan pelayanan di puskesmas, Erniati menceritakan bahwa pelayanan yang didapatkan saat di rumah sakit sudah cukup baik. Dimulai dari di bagian informasi yang informatif saat ia dan anaknya menanyakan alur pelayanan untuk pasien JKN. Sampai dengan layanan konsultasi yang didapatkan saat bertemu dokter dan perawat, ia merasa mendapat penjelasan yang rinci tentang proses perawatan yang akan dilakukan.

“Saya merasa tenang menggunakan JKN karena pelayanan yang saya dapat sudah sebagus ini. Proses rujukannya yang mudah dan cepat serta pelayanannya tidak dibeda-bedakan,” tegasnya.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, dokter memutuskan bahwa operasi pengangkatan tumor adalah langkah terbaik untuk dilakukan. Operasi berjalan lancar dan berhasil, ia merasa lega karena berhasil melewati masa yang cukup menegangkan. Dokter dan perawat terus mendampinginya selama masa pemulihan. Menurutnya ini dokter dan perawat memberikan perawatan yang sangat baik dan penuh perhatian.

“Saya merasa beruntung bisa menjalani perawatan dan memperoleh layanan yang memuaskan di RSUD Tenriawaru melalui Program JKN. Saya pikir kalau bukan menggunakan JKN, saya tidak tahu lagi berapa banyak biaya yang saya keluarkan untuk pengobatan saya,” kata Erniati.

Begitupun kata anak sulung Erniati, Muhajir (24) yang tiada lelah mendampingi ibundanya mengatakan bahwa ia sangat terkesan dengan pelayanan yang diberikan kepada ibunya. Mulai dari pemeriksaan di puskesmas sampai harus dirujuk ke rumah sakit, ia merasa semuanya dimudahkan.

“Apalagi saat sudah tahu ada mobile JKN untuk antrean online, saya merasa jadi mudah. Program JKN yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan sangat bisa diandalkan,” pungkas Muhajir. (*)

Editor : Arham Hamid

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut