get app
inews
Aa Read Next : Rektor Universitas Nahdatul Ulama Gorontalo Bantah Lakukan Pelecehan Seksual kepada Dosen

Penumpang di Bandara Hasanuddin Resmi Bebas PCR-Antigen

Rabu, 09 Maret 2022 | 16:50 WIB
header img

MAROS, iNewsCelebes.id - Manajemen Bandara Sultan Hasanuddin Makassar resmi memberlakukan Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022 dan SE Kemenhub Nomor 21 Tahun 2022 tentang syarat perjalanan pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN).

Salah satu poin dari SEyang berlaku mulai Selasa (08/03/2022) adalah penumpang yang sudah mendapatkan vaksin covid19 lengkap (dosis dua atau tiga/booster) tidak lagi diwajibkan menunjukkan hasil swab negatif PCR atau antigen.

“Mulai 8 Maret 2022 sore (kemarin), syarat perjalanan terbaru sudah diberlakukan. Dengan adanya syarat perjalanan baru ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan perjalanan dan semoga ada penambahan jumlah penumpang di bulan Maret ini.” Ujar General Manager Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi, Kamis (09/03/2022).

Sebelumnya, sejumlah penumpang masih mengeluhkan pelayanan di bandara ini karena masih harus menunjukkan hasil swab negatif. Padahal mereka sudah mendapatkan vaksin lengkap.

“Saya berangkat kemarin siang dan masih diminta menunjukkan hasil swab. Padahal aturan pemerintah sudah berlaku mulai sejak kemarin. Untung saya sudah siapkan” kata Salahuddin, penumpang pesawat Batikair rure Makassar-Jakarta. 

Wahyudi mengakui bila kemarin pagi hingga sore pihaknya belum mendapatkan salinan SE tersebut. Namun sejak sore hingga malam aturan tersebut sudah resmi diberlakukan. Karenanya penumpang yang berangkat sore hingga malam dan hari ini semuanya sudah mengacu pada SE terbaru tersebut.

Hanya saja penumpang yang baru mendapatkan vaksin pertama tetap wajib menunjukkan hasil negatif PCR yang sampelnya diambil dalam waktu  3x24 jam atau antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan;

Demikian dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi wajib menunjukan hasil negatif PCR atau antigen.

“Untuk yang belum vaksin karena alasan medis maka tetao  wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

Ketentyan lainnya adalah anak dengan usia dibawah enam tahun dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat

“Penumpang juga wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. wajib menerapkan protokol kesehatan. Ini juga harus menjadi petrhatian para pelaku perjalanan,” tambah Wahyud. 

Jumlah penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin sepanjang Januari – Februari 2022 sebanyak 1.338.759 penumpang atay naik 34.5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun  lalu yang mencata 995.329 penumpang.

Syarat lain yang diatur adalah penumpang wajib mengisi eHAC pada aplikasi peduli lindungi minimal sehari sebelum keberangkatan untuk mengecek status layak terbang. Status layak terbang ini kemudian ditunjukkan kepada petugas keamanan bandara sebelum memasuki area counter check in.

“Meskipun sudah tidak wajib menunjukkan hasil tes covid-19, layanan pemeriksaan covid-19 masih tersedia di bandara untuk mengakomodir penumpang yang masih mendapatkan vaksin dosis pertama dan yang tidak bisa melakukan vaksin karena komorbid.” kata Wahyudi.**

Editor : M. S Fadil

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut