get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Makassar Komitmen Penyempurnaan Sistem Digitalisasi Pemerintahan

Pemerintah Siapkan 7.080 Formasi CPNS di Sekolah Kedinasan, Pendaftaran Sudah Dibuka

Rabu, 13 April 2022 | 18:17 WIB
header img
Taruna sekolah kedinasan Poltek Imigrasi Kemenkumham RI

JAKARTA-celebes.iNews.id: Pemerintan menyiapkan 7.080 formasi CPNS melalui 30 sekolah kedinasan di sejumlah kementerian dan lembaga. Pendaftaran masuk sekolah kedinasan ini sudan dibuka sejak 9 April lalu dan ditutup pada 30 April 2022 pukul 00.59 wita.

Peminat dapat memdaftar melalui https://dikdin.bkn.go.id/  dan   pelamar hanya dapat memilih satu dari 30 sekolah yang tersedia. Pelamar memiliki waktu sekitar 17 hari dari sekarang untuk mendaftar.

Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Alex Denni mengingatkan pelamar untuk menyiapkan diri dengan maksimal.

Salah satunya adalah dengan memahami alur seleksi sekolah kedinasan serta syarat dan ketentuan. “Sebelum mendaftar, pastikan pelamar mencermati dan memahami setiap syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh masing-masing sekolah. Jangan sampai gagal di tahap pendaftaran hanya karena kurang teliti,” ujar Alex seperti dikutip iNews.id pekan lalu

Dia menjellaskan, peserta dapat mempelajari ketentuan mengenai seleksi sekolah kedinasan yang tertera pada PermenPANRB No. 20/2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga.

Sementara informasi mengenai syarat dan ketentuan dari masing-masing sekolah kedinasan dapat dilihat pada https://dikdin.bkn.go.id/daftarInstansi.

Terkait dengan tata cara serta prosedur pendaftaran, pelamar dapat membaca Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan Tahun 2022 yang tersedia di portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan.

Pelamar juga dapat mencermati pertanyaan yang sering diajukan pada menu FAQ. Adapun 30 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran pada tahun ini berada di bawah delapan kementerian/lembaga.

Di antaranya adalah Kementerian Dalam Negeri 1.230 formasi; Kementerian Hukum dan HAM 600 formasi; Kementerian Keuangan750 formasi. Badan Pusat Statistik 500 formasi; Badan Intelijen Negara 300 formasi; Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) 250 formasi; Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) 100 formasi; dan Kementerian Perhubungan 3.350 formasi

Alex mengatakan nantinya tidak semua lulusan sekolah kedinasan akan mengabdi sebagai PNS di instansi yang menaungi sekolah kedinasan tersebut. Bagi lulusan sekolah kedinasan yang berasal dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Perhubungan akan disebar ke kementerian dan lembaga lainnya serta pemerintah daerah sesuai dengan kebutuhan.

“Sebagai ASN, tentunya diharapkan bagi PNS lulusan sekolah kedinasan untuk siap mengabdi untuk melayani dan ditempatkan di seluruh Indonesia sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Alex.

Pejabat eselon I Kemenpan ini menegaskan seluruh rangkaian seleksi sekolah kedinasan dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, tidak diskriminatif, serta bebas dari unsur KKN. “Harap berhati-hati terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan dan meminta imbalan, karena sudah dapat dipastikan penipuan. Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk dapat mengikuti rangkaian seleksi sekolah kedinasan,” pungkasnya. 

Berikut daftar sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran tahun 2022: 1.Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 2. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN) 3. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) 4. Politeknik Imigrasi (Poltekim) 5. Politeknik Statistika STIS 6. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 7. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) 8. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) 9. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) 10. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun  11. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PTKJ) Tegal  12. Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang  13. Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali  14. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta  15. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar  16. Politeknik Pelayaran Surabaya  17. Politeknik Ilmu Banten  20. Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh  21. Politeknik Pelayaran Barombong  22. Politeknik Pelayaran Sorong  23. Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara  24. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug  25. Politeknik Penerbangan Makassar  26. Politeknik Penerbangan Medan  27. Politeknik Penerbangan Surabaya  28. Politeknik Penerbangan Jayapura  29. Politeknik Penerbangan Palembang  30. Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi

Artikel ini telah tayang di sulsel.inews.id dengan judul " Pendaftaran Dibuka Hari Ini, 7.080 Formasi CPNS di 30 Sekolah Kedinasan Siap Diperebutkan ", Klik untuk baca: https://sulsel.inews.id/berita/pendaftaran-dibuka-hari-ini-7080-formasi-cpns-di-30-sekolah-kedinasan-siap-diperebutkan/3.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : M. S Fadil

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut