Masuk Sekolah, Murid Baru Disambut Tari Padduppa

Yoel Yusvin
Memasuki tahun ajaran baru 2023-2024, SD Inpres Tello Baru 2 menggelar penyambutan dengan Tari Padduppa. Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan adat istiadat Bugis Makassar sejak dini kepada murid baru - Foto : iNewsCelebes.id/ Yoel Yusvin

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - Puluhan murid baru tahun ajaran 2023 - 2024 SD Inpres Tello Baru 2 Makassar, disambut tari padduppa dan tarian empat etnis, Senin (10/7/2023) Pagi.

Penyambutan ini sedikit tergolong unik, sebab jarang dilakukan pada sekolah lainnya di setiap tahun ajaran baru. Orang tua murid dan pihak sekolah terlihat sangat antusias menonton gerakan gemulai para penari.

Tarian Padduppa ini merupakan tarian tradisional suku Bugis-Makassar yang ada sejak ratusan tahun lalu. Pada umumnya tarian diperagakan saat menyambut tamu kerajaan dan saat acara-acara tertentu.

Untuk tahun ajaran 2023 - 2024 SD Inpres Tello Baru 2 menerima sebanyak 56 murid kelas 1 yang terbagi dua rombongan belajar. Dihari pertama masuk sekolah, murid kelas 1 memasuki tahap pengenalan lingkungan sekolah.

Salah satunya diperkenalkan dengan suasana kelas dan berkenalan guru dan kakak kelas.

"Sambutan Tari Padduppa ini sengaja digelar untuk memberi suasana nyaman kepada murid kelas 1 yang pertama kali mengenal lingkungan sekolahnya. Biar mereka lebih termotivasi dalam menuntut ilmu," ujar Kepala Sekolah SD Inpres Tello Baru 2, Hj. Harmiati.

Selain bentuk penyambutan, pegelaran tarian paddupa ini juga diharapkan mampu memberi edukasi bagi para murid baru terkait kekayaan tradisi adat istiadat sebagai bentuk menjaga kesinambungan kearifan lokal.

Editor : Andi.M.Yusuf Aries

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network