Dinilai Tidak Netral pada Pilkada, Massa Demo Minta PJ Bupati Pinrang Mundur dari Jabatan

Erwin Eka Pratama
Massa aksi terlibat saling dorong dengan Aparat Kepolisian - Foto Istimewa/Erwin Eka Pratama.

PINRANG, iNewsCelebes.id - Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Masyarakat Pinrang menggelar unjuk rasa di depan Kantor Bupati Pinrang, Sulawesi Selatan, Senin (22/07/2023). 

Massa yang turun ke jalan menuntut PJ Bupati untuk segera mundur dari jabatannya. Mereka menduga PJ Bupati tidak netral dalam Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 yang akan datang.

Aksi massa ini mencuat setelah beredar foto PJ Bupati Pinrang, Ahmadi Akil, bersama salah satu tim sukses bakal calon bupati di kabupaten tersebut. Hal ini dianggap sebagai bukti ketidaknetralan yang menciderai proses demokrasi.

Kericuhan sempat terjadi ketika massa aksi berusaha masuk ke dalam kantor bupati, dan saling dorong dengan petugas keamanan yang berjaga di lokasi.

Selain mendesak PJ Bupati untuk mundur, massa juga menyoroti dugaan mutasi internal yang dilakukan oleh PJ Bupati kepada bawahannya, yang diduga dilakukan atas tekanan dari bakal calon bupati.

Asrianto, Koordinator Lapangan dari Aliansi Pemuda dan Masyarakat Kabupaten Pinrang, menyatakan bahwa tindakan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan demokrasi di daerah mereka.

Tak hanya di depan kantor bupati, massa juga melakukan unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kabupaten Pinrang. Mereka meminta DPRD untuk melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap ketidaknetralan yang disinyalir terjadi pada PJ Bupati Pinrang.

Peristiwa ini menunjukkan ketegangan politik yang diduga meningkat menjelang Pemilihan Kepala Daerah, dengan masyarakat yang semakin peduli terhadap prinsip demokrasi yang sehat dan netralitas birokrasi dalam proses politik lokal.

Editor : Thamrin Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network