Maksimalkan Layanan Admistrasi Bagi Badan Usaha, BPJS Kesehatan Hadirkan Inovasi SELARAS

Haryuna Rahman
BPJS Kesehatan Cabang Watampone memperkenalkan SELARAS dengan menggelar sosialisasi Kesehatan di Ta Sugi coffee & eatery, Rabu (19/09). (ist)

MACANNANG, iNewsCelebes.id - BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pesertanya. Salah satu inovasi terbaru yang kini dapat dinikmati oleh badan usaha adalah Sentra Layanan Administrasi Kepesertaan yang disingkat SELARAS. Layanan ini hadir untuk mempermudah badan usaha dalam mengelola administrasi kepesertaan, sehingga proses yang sebelumnya memakan waktu kini dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Untuk memperkenalkan secara masif, BPJS Kesehatan melaksanakan sosialisasi diberbagai daerah. Seperti yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Watampone di Ta Sugi coffee & eatery, Rabu (19/09).

Ditemui dalam kegiatan tersebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Indira Azis menyampaikan bahwa dengan adanya selaras kami berharap BPJS Kesehatan dapat semakin mendekatkan layanan kepada para peserta, khususnya bagi badan usaha yang membutuhkan layanan kepesertaan secara kolektif.

”Inovasi ini merupakan wujud nyata komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik, dengan meminimalkan kendala administratif, dan mendukung keberlangsungan program JKN bagi seluruh peserta di Indonesia,” kata Indira

BPJS Kesehatan sebagai organisasi yang bertanggung jawab yang menjalankan program JKN berupaya menghadirkan layanan berkualitas kepada peserta JKN. Layanan berkualitas yang BPJS Kesehatan merupakan perwujudan komitmen dalam menjalankan tata nilai Integritas, Kolaborasi, Pelayanan Prima, dan Inovatif.

Dalam kegiatan tersebut Indira Azis menyampaikan bahwa Selaras merupakan strategi sentralisasi dimana kegiatan layanan administrasi kepesertaan dikelola dan dijalankan dari satu lokasi pusat atau platform tunggal.

”Program ini menawarkan banyak kelebihan, salah satunya adalah layanan sentralisasi yang lebih personal dan responsif,” ungkapnya.

Program Selaras dirancang khusus untuk membantu badan usaha dalam mengelola administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan dengan lebih mudah, cepat, dan efisien. Dengan hadirnya SELARAS, diharapkan Peserta JKN dari segmen Peserta Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) proses administrasi yang sebelumnya memakan waktu dapat diselesaikan dengan lebih praktis.

Indira menambahkan bahwa dengan Selaras, badan usaha dapat mengakses berbagai layanan administrasi seperti Pendaftaran anak Peserta PPU diatas 21 tahun, Penambahan Anggota Keluarga PPU, Perubahan FKTP dan Kelas Rawat, perubahan identitas, dan masih banyak yang lain. Hal ini tentu sangat membantu, mengingat badan usaha sering kali harus mengelola data kepesertaan dalam jumlah besar. Kini, mereka tidak perlu lagi datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan, karena semua bisa dilakukan secara daring melalui SELARAS.

”Inovasi ini sejalan dengan komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi seluruh pesertanya, termasuk badan usaha yang menjadi salah satu pilar penting dalam program JKN. BPJS Kesehatan terus berusaha menghadirkan layanan yang lebih mudah diakses, sehingga peserta dapat merasakan manfaat program JKN-KIS secara maksimal,” ungkapnya

Ditemui dalam kegiatan yang sama Pengurus Yayasan Makassar Indonesia, Rahwina Sari menyampaikan bahwa program ini sangat memudahkannya sebagai badan usaha.

”Saya tidak perlu lagi ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pengurusan administrasi. dan bisa kami kontrol langsung segala aktivitas kepesertaan

Dengan adanya SELARAS, BPJS Kesehatan berharap dapat memperkuat hubungan kerja sama dengan badan usaha serta meningkatkan kepuasan peserta. Layanan ini merupakan langkah nyata untuk mengoptimalkan kualitas layanan administrasi yang lebih cepat dan efisien, serta mendukung kelancaran program JKN-KIS di seluruh Indonesia.

Editor : Arham Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network