Melalui Fitur Results About You, Pengguna Bisa Hapus Data Pribadi di Google 

Wahyu SIbarani
.
Kamis, 22 September 2022 | 11:34 WIB
Google izinkan pengguna hapus data pribadi. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Jika selama data pribadi Anda menjadi syarat wajib untuk akun Google, namun tidak demikian sekarang. 

Google mulai mengizinkan pengguna meminta penghapusan atau penghilangan data pribadi yang bisa didapat melalui penelusuran melalui fitur baru "Results about you". 

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan keamanan serta privasi pengguna Google. Jadinya pengguna yang merasa tidak nyaman ketika data pribadi mereka seperti alamat rumah, nomor telepon, hingga informasi pribadi lainnya bisa meminta agar data itu dihapus dari penelusuran Google. 

Disebutkan Engadget, jika pengguna melihat data-data pribadi ada di penelusuran Google, maka mereka bisa melakukan pengajuan penghapusan dengan cara klik tiga titik yang ada di kanan atas halaman Google. 

Biasanya ketika tiga titik diklik akan terbuka beberapa opsi termasuk salah satunya "About this result". Sekarang, pilihannya jadi lebih banyak dimana hadir opsi baru "Remove result" atau menghapus hasil yang ada di bagian bawah layar.

Dalam opsi itu Google memberikan keterangan akan ada peninjauan permintaan apabila hasil itu terkait dengan informasi pribadi yang sensitif. Seperti alamat rumah, nomor telepon hingga informasi pribadi lainnya. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini