get app
inews
Aa Read Next : Hotman Paris Hutapea Kritik Pedas Bandara Sultan Hasanuddin Makassar: AC Mati, Panas Keringatan

dr Udin Malik: Stunting Memperlambat Perkembangan Kecerdasan Anak

Jum'at, 16 Juni 2023 | 23:21 WIB
header img
Ketua Forum Komunikasi Kota Makassar ( FKKM) dr. udin Malik, berdiskusi sengan pesert FGD di Kel. Suangga dan Kel. pisang Utara, Makassar - Foto : iNewsCelebes.id/ Yusuf Al Faresi

Makassar - iNewsCelebes.id, Focus Group Discussion (FGD) tentang stunting Forum Kemanusian Kota Makassar (FKKM) bersama masyarakat kembali digelar Senin (12/06/2023) kemarin.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kelurahan Suangga dan Kelurahan Pisang Utara., Kota Makassar. Para peserta FGD nampak antusias saat Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar (FKKM), dr. Udin Malik tampil sebagai pembicara.

"Apakah setelah kehidupan 1.000 hari namun tinggi badan dan berat badan anak masih tergolong stunting sudah tidak bisa keluar dari kondisi itu?," ujar Rahmi salah seorang warga. 

dr Udin Malik pun menjawab bahwa masih bisa dilakukan intervensi. Tergantung bagaimana agresivitas penanganannya.

"Untuk keluar dari stunting, seberapa jauh ketertinggalan dan seberapa cepat upaya mengejar pemulihan," jelasnya. 

Alumni Fakultas Kedokteran Unhas 2013 yang meraih predikat Summa Cumlaude dengan IPK 4.00 ini menyampaikan bahwa yang utama memang harus dapahami terkait stunting itu sendiri. Bukan hanya bahwa stunting itu mempengaruhi berat dan tinggi badan anak. 

"Namun yang perlu dikhawatirkan itu adalah kecerdasan anak. Tingkat kecerdasan anak stunting akan menurun jika tidak dilakukan intervensi yang maksimal," ujar dr. Udin Malik.

Untuk itu, dr Udin Malik mengajak masyarakat untuk bergotong royong melawan stunting di daerah masing-masing. Salah satu langkahnya dengan memahami apa stunting dan bagaimana intervensinya. 

Anak-anak yang terdeteksi stunting tidak butuh makanan mewah. Terpenting protein dan kandungan gizi lain bagus. Cukup ada telur atau ikan. Untuk bisa seperti itu, kata dia, cukup dengan mengaplikasikan program 1 Anak 1 Warung Makan.

Editor : Andi.M.Yusuf Aries

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut