get app
inews
Aa Read Next : Gegara Membawa Jerigen Berisi BBM Pertalite, Minibus di Pangkep Terbakar Habis di Jalan Raya

Libur Nataru, Angkutan Nataru Di Pelabuhan Maccini Baji Naik 65 Persen

Senin, 25 Desember 2023 | 13:20 WIB
header img
Syahbandar Pangkep Dirikan Posko Terpadu - Foto Istimewa/Udin Syahruddin

PANGKEP, iNewsCelebes.id -Dalam Memberikan rasa aman nyaman hingga menjamin kelancaran arus penumpang mudik Natal dan tahun baru 2023- 2024 Syahbandar Pangkep UPP kelas 2 Maccini Baji mendirikan posko terpadu yang bertempat di Halaman Kantor UPP Maccini Baji.

Petugas lalu lintas dan akutan laut UPP Kelas 2 Maccini Baji Klaudius Juliantoni saat di temui mengatakan bahwa sesuai instruksi pusat, Posko Nataru tersebut dibuka sejak 18/12/2023 hingga 08/01/2024. Dimana posko tersebut bertugas untuk mengatur kelancaran datang dan keluarnya penumpang, termasuk memastikan kapal boleh berlayar, atau tidak khususnya saat cuaca ekstrim.

“Selain mengatur arus penumpang, posko ini juga siap melayani jika masyarakat mengalami kendala termasuk kendala kesehatan, karena kami akan memberikan pelayanan secara gratis”, Ungkap Klaudius Juliantoni. 

Dirinya menghimbau masyarakat yang akan melakukan mudik melalui kapal laut khususnya yang banyak membawa barang untuk selalu waspada dan berhati-hati, selalu perhatikan keselamatan, dan tetap menjaga kesehatan, dengan memakai masker, Senin, (25/12/2023).

Penumpang kapal juga diingatkan untuk mengikuti panduan keselamatan kapal. Di antaranya mencari letak jalur evakuasi dan cara menggunakan jaket pelampung.

"Jangan abaikan penjelasan yang diberikan oleh awak kapal terkait keselamatan diri saat terjadi situasi darurat di kapal. Buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan di kapal, jangan pernah langsung membuangnya ke laut. Jangan membuang puntung rokok yang masih menyala ke dalam tempat sampah. Sebab puntung rokok yang menyala dapat memicu terjadinya kebakaran," Tegasnya.

Sementara, Angkutan laut di Pelabuhan Maccini Baji pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 meningkat 65 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan penumpang tersebut, karena adanya penambahan satu armada penyebrangan dari Pulau Sabutun ke Pelabuhan Maccini Baji , dan itu beroprasi setiap hari. Untuk melakukan aktifitas di Dermaga, pendataan tetap kami lakukan.  

"Angkutan Nataru tahun ini mengalami kenaikan sebesar 65 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Transportasi laut berjalan dengan baik, lancar, dan berjalan aman," Pungkasnya.

Editor : Thamrin Hamid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut