get app
inews
Aa
Read Next : HMJ-T.PWK UIN Alauddin Makassar Gelar Celebes Plano Festival

RS Unhas Latih Masyakarat dan Ojol Bantuan Hidup Dasar

Rabu, 16 Februari 2022 | 12:01 WIB
header img
Pelatihan Bantuin Hidup Dasar (BHD) oleh Rumah Sakit Unhas

Makassar, Inewscelebes.id - Rumah Sakit (RS) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD). Agenda yang masuk dalam rangkaian Dies Natalis ke-12 ini berlangsung di Auditorium Lantai 2 RS Unhas, Rabu (16/02/2022).

Masyakarat dan mitra driver online menjadi peserta dalam pelatihan BHD ini. Dan dibuka langsung oleh Direktur RS Unhas, dr Siti Maisuri Tajuddin Chalid.

Pelatihan BHD kali ini berfokus pada prosedur resusitasi jantung paru pada korban dewasa. Peserta diajak untuk bisa memberikan pertolongan pertama pada orang yang mengalami serangan jantung atau gangguan pernapasan.

Maisuri menyampaikan bahwa pelatihan BHD ini untuk memberikan pemahaman terkait prosedur yang tepat dalam membantu orang yang henti jantung. Atau mereka yang tetiba mengalami gangguan pernapasan.

"Pada titik tertentu kalau mereka siap siaga bisa melakukan pertolongan pertama seperti kasus henti nafas dan henti jantung kita bisa menolong orang lain," ujarnya

"Karena yang dibutuhkan itu adalah kecepatan dan keterampilan pertolongan pertama pada kasus henti jantung dan nafas," sambung Maisuri.

Peran masyakarat dan mitra driver online dianggap penting dalam memberikan pertolongan pertama. Sebab, kata Maisuri, kasus ini kerap terjadi di jalan atau di tempat tak terduga. 

"Karena yang namanya kejadian henti nafas henti jantung itu kan kejadian yang tiba-tiba yang tidak selalu ada tenaga kesehatan disitu," ungkap Maisuri.

"Kita perlu membekali orang-orang awam seperti Gojek ini yang mobilitasnya tinggi yang bisa berada dimana saja. Kalau dalam jumlah besar, kita harus latih. Masyakarat kalau ada yang tiba-tiba serangan jantung itu bisa tertolong," jelasnya.

Juga, kata Maisuri, pelatihan BHD diupayakan dimaksimalkan ke seluruh masyakarat. Setiap orang penting paham terkait resusitasi jantung paru demi membantu orang lain yang tengah kesulitan saat henti nafas atau jantung.

"Dengan danya pijat jantung itu otak kembali dapat sirkulasi oksigen dalam sekian menit. Kalau itu bisa dilakukan sambil menunggu datangnya ambulance atau dari RS itu sangat berarti menyelematkan nyawa orang," tukasnya.

Sementara itu, Public Policy & Government Relation Gojek Indonesia Timur, Moh. Khomeiny menyampaikan terimakasih kepada pihak RS Unhas. Dengan pelatihan itu, mitra driver online tidak hanya memberikan pelayanan ke pelanggan, namun juga turut serta membantu masyakarat secara keseluruhan.

"Hanya ingin mengutarakan terima kasih banyak karena memang rangkaian program bantuan hidup dasar seperti ini," ungkapnya.

Juga menurutnya, pelatihan BHD itu dianggap penting mengingat mitra driver online setiap harinya berada di jalan. Sehingga, mereka bisa dengan sigap memberikan pertolongan pertama pada orang henti nafas atau jantung.

"Ini adalah sesuatu hal yang sangat dibutuhkan bukan hanya oleh kita semua tapi juga untuk kawan-kawan kami yang ada di Gojek yang setiap hari berada di jalan, setiap hari membantu masyakarat, terutama selama pandemi ini," tukas Khoimeny

Editor : Nur Farida

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut