get app
inews
Aa Read Next : Alhamdulillah, Indonesia Mulai Transisi dari Pandemi Covid-19 Menuju Endemi

Pemerinta Izinkan Solat Idul Fitri Dilaksanakan di Masjid dan Lapangan Terbuka

Rabu, 20 April 2022 | 10:45 WIB
header img
Pemerintah mengizinkan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah boleh dilaksanakan di Masjid atau di Lapangan terbuka.(Foto/SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Sesuai Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 8 Tahun 2022, pemerintah mengizinkan pelaksanaan solat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah di masjid atau lapangan terbuka.
 
"Tahun ini umat Islam dapat melaksanakan di Hari Raya Idul Fitri, khususnya Solat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah di masjid maupun di lapangan terbuka sesuai dengan ketentuan syariat Islam,” tutur Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (19/4/2022). 

Namun dia mengingatkan, pelaksanaan Salat Idul Fitri ini harus memperhatikan protokol kesehatan.

Wiku mengungkapkan, penetapan kebijakan relaksasi mobilitas pada Lebaran 2022 kali ini meski masih pandemi Covid-19 sudah melalui beberapa pertimbangan berdasarkan data dan fakta. 

Berdasarkan hasil sero survei di bulan Maret 2022 sebesar 99,2 persen populasi Indonesia telah memiliki antibodi atau kekebalan spesifik terhadap virus Covid-19 baik akibat infeksi alami maupun vaksinasi.

Selain itu, kata Wiku, beberapa jenis percampuran baru varian Omicron dengan varian lain yang ditemukan di beberapa negara dan masih dalam proses penelitian belum ditemukan di Indonesia. Kondisi kasus yang semakin melandai dan cakupan vaksinasi yang semakin meningkat.

“Namun perlu diingat bahwa agar terlindungi optimal khususnya saat menjalani mudik, penerapan protokol kesehatan saat sebelum, selama perjalanan dan saat sudah sampai tempat tujuan tetap harus diutamakan,” tuturnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut