Liburan ke Pantai Tahan Dulu! BMKG Rilis Pesisir Pantai Sulsel yang Berpotensi Kena Banjir Rob

Ahmad Mursyid
Berencana liburan ke pantai?, sebaiknya tahan dulu. Pasalnya BMKG menyebut sejumlah pesisir pantai di Sulawesi Selatan (Sulsel) berpotensi terkena banjir rob. Foto: Antara

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dikabarkan saat ini telah mengirimkan bantuan ke sejumlah tempat untuk membantu masyarakat yang terdampak.

"Kita sudah turunkan bantuan logistik BPBD Provinsi dan Dinas Sosial Provinsi untuk korban terdampak banjir di Kabupaten Maros," ujar Andi Sudirman dikutip dari sulselprov.go.id pada 25 Desember 2022.

Tidak hanya Maros, Pemprov Sulsel juga tengah mengirimkan bantuan ke sejumlah daerah lainnya, seperti Takalar dan Gowa.

Adapun beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca buruk di Sulawesi Selatan menurut BMKG ialah: Makassar, Pinrang, Parepare, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Selayar.

Selain itu daftar pesisir pantai yang berpotensi terkena banjir rob ialah: pesisir Kabupaten Pinrang, Kota Parepare, Kabupaten Maros, Kota Makassar, Kabupaten Barru, Kabupaten Takalar, dan Kabupaten Pangkep.

BMKG menyebut bahwa potensi adanya banjir rob disebabkan oleh aktivitas pasang air laut maksimum dan disertai dengan kondisi gelombang tinggi.

Adapun gelombang tinggi ini dipicu oleh adanya pusat tekanan rendah di utara Australia, sehingga memungkinkan banjir terjadi di pesisir pantai Sulawesi Selatan.

Itulah daftar pesisir pantai di Sulsel yang diprediksi oleh BMKG berpotensi terkena banjir rob akibat cuaca buruk.

Editor : Ahmad Mursyid Amri

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network