DPC PKB Jeneponto Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2024

Sulaiman Nai
Hardianto Haris Ketua Desk Pilkada PKB Jeneponto ( Foto - Istimewa )

JENEPONTO, iNewsCelebes.id, - Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 27 Nopember 2024 mendatang.

Khusus di Kabupaten Jeneponto, sejumlah Partai Politik telah mulai membuka jadwal pendaftaran untuk calon Bupati dan calon Wakil Bupati Jeneponto periode 2024-2029.

Salah satu dari Partai Politik itu adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang saat ini di nahkodai oleh H. Muhammad Sarif Patta.

Ketua Panitia Desk pilkada Jeneponto Hardianto Haris mengatakan bahwa untuk PKB Jeneponto Insya Allah mulai membuka pendaftaran calon Bupati dan calon Wakil Bupati Jeneponto pada hari ini, Senin, (29/04/2024).

Ketua Panitia Hardianto Haris ini kemudian menjelaskan bahwa adapun persyaratan untuk calon Bupati dan calon Wakil Bupati Jeneponto periode 2024-2029 pada saat mengembalikan formulir pendaftaran adalah melampirkan:
1. Fotocopy KTP Elektronik.
2. Fotocopy Ijazah lengkap dari SD sampai SMA atau Ijazah Perguruan Tinggi.
3. Surat Pernyataan kesediaan bakal menjadi calon Bupati dan calon Wakil Bupati 
4. Surat Pernyataan setia pada Pancasila dan NKRI.
5. Visi dan Misi calon Bupati dan calon Wakil Bupati
6. Pas foto.

Ditambahkan Hardianto Haris bahwa batasan jumlah peserta pendaftaran di PKB Jeneponto itu kalau bisa banyak pendaftar.

Semua berhak mendaftar di PKB Jeneponto, meskipun dia calon Bupati dan calon Wakil Bupati Jeneponto yang tidak berdomisili di Jeneponto.

“Batasan pengambilan dan pendaftaran di PKB akan berakhir pada awal bulan Juni 2024.

“Untuk pengembalian formulir itu sampai awal Juni 2024,” kata Anto.

Pria akademisi ini kemudian menjelaskan bahwa proses seleksi calon Bupati dan calon Wakil Bupati Jeneponto itu, DPC PKB Jeneponto hanya punya wewenang menerima pengembalian formulir dari calon untuk selanjutnya formulir serta kelengkapan berkas tersebut diserahkan ke DPW PKB Sulsel dan ke DPP PKB di Jakarta yang selanjutnya diagendakan untuk dilakukan Uji Kemampuan dan Kompetensi (UKK) terhadap calon Bupati dan calon Wakil Bupati Jeneponto periode 2024-2029.

Ketika ditanyakan apakah ada kandidat dari internal PKB Jeneponto yang akan maju di Pilkada Jeneponto nanti, Anto menjawab: “kami hanya membuka dan menerima pendaftaran, terkait dengan adanya kader partai kita kembalikan ke DPW dan DPP PKB.

“Pengurus atau Kader Partai Politik diluar PKB juga sangat bisa mendaftar di PKB Jeneponto,” kata Hardianto Haris

Saat disinggung soal Pilkada Jeneponto Anto mengatakan: “Semakin banyak calon yang maju di Pilkada Jeneponto itu semakin bagus, dan semakin banyak yang mendaftar lewat PKB  Jeneponto itu juga sangat bagus,"Pungkasnya.

Editor : Thamrin Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network