Ratusan Buruh Unjuk Rasa di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar

Leo Muhammad Nur
Unjuk Rasa Ratusan Buruh di Pintu Masuk Pelabuhan Soekarno Hatta - Foto Istimewa/Leo.

MAKASSAR, iNewsCelebes. id - Hari Buruh di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Ratusan buruh menngelar aksi didepan pintu gerbang Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Rabu, (01/05/2024).

Dalam aksinya, buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Transfortasi Indonesia (FSPTI) menolak rencana peraturan mentri Ketenagakerjaan RI tentang perlindungan kerja bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pelabuhan yang berbunyi “TKBM sebagaimana dimaksud pasal 3 bekerja pada badan usaha berbadan hukum termasuk koperasi yang sesuai ketentuan peraturan perundang -undangan.

Salah satu alasan penolakan tersebut karena dianggap dapat mematikan usaha pokok Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) karena dibolehkan badan hukum lain selain Koperasi sebagai penyelenggara Jasa TKBM di Pelabuhan. 

Peraturan tersebut dinilai tidak sejalan dengan Peraturan Menteri Koperasi No.6 tahun 2023 tentang perlindungan dan pemberdayaan Koperasi dalam penyelenggaraan Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pelabuhan.

Olehnya itu, Pengunjuk rasa medesak Mentri Ketenagakerajaan RI peraturan tersebut, jika tidak digubris buruh akan mogok kerja.

“ Apabila usulankami tidak diindahkan maka Inkop TKBM Bersama Primer Koperasi TKBM Pelabuhan seluruh Indonesia serta aliansi serikat pekerja / Serikat buruh TKBM akan melaksanakan Mogok kerja” Tegas, Anwar, Pengurus Unit Kerja FSPTI Koperas Jasa TKBM Pelabuhan Utama Makassar

Editor : Thamrin Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network