get app
inews
Aa Read Next : Danny Pomanto Daftar Bakal Calon Gubernur Sulsel di PKS

5 Hal Luar Biasa di MNEK 2023, Danny Pomanto : Makassar Semakin Dikenal Dunia

Kamis, 08 Juni 2023 | 15:26 WIB
header img
Event Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 berskala internasional secara resmi pekan ini dilaksanakan di Kota Makassar. Sebanyak 36 delegasi Angkatan Laut dari negara sahabat melakukan latihan bersama - Foto : Istimewa/Prokopim Pemkot Makasar

Event Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 berskala internasional yang di gelar di Kota Makassar, menampilkan 5 hal yang luar biasa. Berikut ulasannya.

5 Hal Luar Biasa di MNEK 2023

  1. Armada Asing Kepung Laut Makassar

Event Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 berskala internasional secara resmi dilaksanakan di Kota Makassar. Berbagai rangkaian acara disajikan salah satunya International Fleet Review (IFR). Pada kegiatan ini, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mendampingi langsung Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bersama-sama menaiki kapal KRI Bung Karno. Mereka menyusuri lautan kota Makassar untuk menyapa dan melihat langsung 17 armada kapal perang yang berjejer di atas laut. Moment ini sangat berkesan. Pasalnya, pasukan-pasukan dari kapal perang asing ini saling menerima penghormatan dari sailing pass seluruh armada kapal perang peserta MNEK 2023 kepada rombongan Danny dan Panglima di kapal KRI Bung Karno.

 


Pasukan dari kapal perang asing ini saling menerima penghormatan dari sailing pass seluruh armada kapal perang peserta MNEK 2023 - Foto : Istimewa/ Prokopim Pemkot Makassar

 

2. Danny Pomanto Mendesain Monumen MNEK 2023

Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, yang akrab disapa Danny Pomanto, mengaku merancang khusus desain Monumen MNEK 2023. Menurut Danny Pomanto, monumen tersebut merupakan bukti sejarah bahwa di Makassar pernah menjadi titik sentral latihan angkatan laut dari 36 negara sahabat.

 


Didesain khusus oleh Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Monumen MNEK 2023 tampil ikonik. Dibagian bawah monumen tersebut terdapat plakat yang ditandatangani delegasi 36 negara sahabat - Foto : Prokopim Pemkot MAkassar.

 

3. Coto Makassar Semakin Mendunia

Hari ke tiga pelaksanaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023, 11 Delegasi MNEK mengikuti lomba dan demo masak, di area Anjungan Pantai Losari, Rabu (7/06/2023). 11 Delegasi MNEK 2023 diantaranya berasal dari India, Malaysia, Vietnam, Filipina, Korea Selatan, Rusia, China, Kamboja, Pakistan, dan Italia. Para peserta perwakilan delegasi ini memasak coto dan makanan khas dari daerahnya masing-masing. Rangkaian acara ini menjadikan makanan tradisional makassar, coto, semakin mendunia.

 


11 Delegasi MNEK 2023 diantaranya berasal dari India, Rusia, China, dan Italia, menjadi peserta lomba memasak coto. Coto merupakan makanan khan Bugis Makassar - Foto : Istimewa/ Prokopim Pemkot Makassar.

 

  1. 500 Penari Kolosal Meriahkan Pembukaan MNEK 2023

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pendidikan (Disdik) menampilkan Tari Kolosal yang dibawakan 500 penari. Pertunjukan dilakukan di hadapan 36 negara yang menjadi peserta MNEK 2023Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menghaturkan rasa terima kasihnya dan kebanggaannya karena dapat menggelar Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Makassar.

 


Sebanyak 500 penari kolosal tampil apik saat Event MNEK 2023 digelar. Penari tersebut merupakan pelajar yang ada di Kota Makassar - Foto : Istimewa/ Prokopim Pemkot Makassar.
 
 
  1. Panglima TNI Terkesima dengan Pembuatan Phinisi

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono terkesima dengan program pembuatan Kapal Pinisi Pemkot Makassar. Laksamana Yudo bahkan bercanda ingin memesan satu unit lagi. Danny Pomanto menjelaskan bagaimana proses pembuatan kapal Pinisi Bugis Makassar yang diakui Unesco sebagai warisan budaya dunia. Pembuatan Kapal Pinisi di CPI sebagai upaya turut meramaikan event MNEK. Di samping, pihaknya juga membuat display yang berisi penjelasan tentang asal-usul, jenis, hingga desain pembuatan Kapal Pinisi.

 


Panglima TNI Laksamana Yudo Margono terkesima saat melihat langsung proses pembuatan Kapal Phinisi. Kapal Phinisi merupakan bukti ketangguhan nenek moyang Bugis Makassar menaklukkan samudra - Foto : istimewa/ Prokopim Pemkot Makassar
 
 

Editor : Andi.M.Yusuf Aries

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut