get app
inews
Aa Read Next : Bayi Lahir Tanggal Cantik di RSUD Andi Makkasau

Musim Kemarau, Pendapatan Pengusaha Ikan Asin di Kota Parepare Meningkat

Kamis, 24 Agustus 2023 | 13:07 WIB
header img
Nampak salah seorang pengusaha ikan asin di Kota Parepare sedang menjemur ikan miliknya. Pendapatan mereka meningkat sejak musim kemarau - Foto : iNewsCelebes.id/ Erwin Eka Pratama

Parepare, iNewsCelebes.id - Musim kemarau menjadi berkah tersendiri bagi para penjual ikan asin di Kota Parepare. Selama musim kemarau, selain kualitasnya semakin membaik, produksi ikan asin terus meningkat. Salah satu faktor pendukung karena proses pengeringan menjadi cepat.

Dalam sebulan, para pengusaha ikan asin ini meraup untung yang lumayan besar.  Bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulannya. Pemasarannya bukan hanya memenuhi permintaan pasar di sulawesi saja, tali sudah menjangkau pulau jawa dan papua.

"Selama kemarau kualitas dan produksi kami meningkat. Bisa mencapai 5 ton perbulannya. Alhamdulillah Pak, pendapatan juga meningkat," ujar Nur Halima, salah seorang pengusaha ikan kering.

Sementara itu, Jamila, salah seorang warga Parepare mengatakan, sejak beberapa bulan terakhir, dirinya semakin doyan mengkonsumsi ikan asin. Selain harganya terjangkau, cita rasanya juga enak.

"Doyan ikan asin saya Pak. Enak, apalagi dimakan dengan sambel dan sayur bening. Harganya juga terjangkau, beragam, ada yang 15.000 per kilogramnya," ucap Jamila.

Meningkatnya produksi ikan asin di Kota Parepare bisa menjadi potensi bisnis yang menggiurkan bagi warga setempat. Terlebih lagi jika Pemkot Parepare ikut langsung terlibat dalam meningkatkan pendapatan para owngusaha ikan asin di kota kelahiran Bj. Habibie ini.

Editor : Andi.M.Yusuf Aries

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut