get app
inews
Aa Read Next : Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan Watampone Bangun Kantor Berkonsep Eco Office

Rasakan Berbagai Manfaat Layanan, Mahasiswa Asal Soppeng Banggakan Program JKN

Minggu, 11 Agustus 2024 | 11:07 WIB
header img
Muhammad Zuljalal Mulaputra (23), mahasiswa peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU-PN) (ist)

SOPPENG, iNewsCelebes.id – Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia, BPJS Kesehatan dalam menjalankan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus mengembangkan berbagai inovasi untuk memastikan layanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara bagi seluruh peserta JKN.
Muhammad Zuljalal Mulaputra (23), seorang mahasiswa yang akrab dipanggil Zuljalal merupakan peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU-PN). Ia terdaftar sebagai peserta JKN melalui tanggungan orang tuanya yang berstatus ASN di Kabupaten Soppeng. Anak pertama dari tiga saudara ini membagikan pengalaman positifnya dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan melalui Program JKN.
Diceritakan oleh Zuljalal, ia pernah mengalami sakit pada bagian telinganya yang membuatnya harus berobat di Puskesmas Sewo.
"Pada saat itu saya mengalami sakit telinga yang cukup mengganggu, sehingga harus saya periksakan diri ke dokter. Saya mencoba berobat ke setelah menjalani pemeriksaan oleh dokter di Puskesmas Sewo, dokter melihat ada radang dalam telinga saya sehingga perlu tindakan medis untuk menyembuhkan radang tersebut," ungkap Zuljalal.
Setelah mendapatkan pemeriksaan, penanganan medis, dan pemberian obat, ia dipersilahkan pulang tanpa diminta biaya sepeserpun. Hal itu membuat ia terkejut saat mengetahui bahwa seluruh biaya pengobatannya telah ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan.
Meskipun ia telah lama memiliki JKN sebagai penjamin kesehatannya, syukurnya baru digunakan saat berobat radang telinganya. Awalnya ia berpikir masih terdapat biaya tambahan meskipun telah menggunakan JKN untuk berobat.
"Saya baru menyadari bahwa sebagai peserta JKN, saya tidak perlu membayar biaya tambahan lagi dalam pengobatan. Dengan memiliki JKN saya sudah merasa aman sekarang, karena dengan adanya Program JKN saya tidak perlu khawatir lagi saat sakit. Saya pikir program ini sudah cukup bagus," ungkap Zuljalal.
Ia meyakini Program JKN yang disediakan oleh BPJS Kesehatan menjadi penjamin kesehatan berkualitas dan dapat diandalkan oleh masyarakat Indonesia. Ia berharap agar BPJS Kesehatan dapat terus menjaga kualitas layanan dan terus tumbuh dengan inovasi-inovasinya.
”Program JKN yang saya rasakan sekarang sudah bagus. Saya berharap semua peserta JKN merasakan hal yang sama di seluruh Indonesia. Saya juga berharap pelayanan seperti ini harus terus dipertahankan,” pungkasnya.
Ditemui dalam kesempatan yang berbeda, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Indira Azis Rumalutur mengungkapkan komitmen BPJS Kesehatan untuk terus berupaya dalam meningkatkan kepuasan peserta JKN dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan memastikan bahwa peserta JKN menerima pelayanan kesehatan yang terbaik.
"Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan berfokus pada upaya untuk memastikan setiap peserta JKN merasakan manfaat Program JKN tanpa harus memikirkan masalah biaya," ucapnya.
Selain itu, komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ini merupakan upaya BPJS Kesehatan dalam memenuhi harapan masyarakat dan memastikan bahwa semua peserta JKN merasakan manfaat penuh dari Program JKN ini dalam pelayanan kesehatan baik upaya promotif, preventif, rehabilitatif dan kuratif.
Indira menambahkan bahwa BPJS Kesehatan menerapkan berbagai langkah strategis dan inovasi untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN adalah yang terbaik dan memberikan perlindungan kesehatan yang menyeluruh dan setara bagi seluruh peserta JKN.
Pernyataan ini mencerminkan dedikasi BPJS Kesehatan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang optimal dan sistem jaminan kesehatan yang lebih inklusif dan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia serta memastikan bahwa setiap individu di seluruh pelosok negeri dapat mengakses pelayanan kesehatan yang dibutuhkan tanpa terkendala oleh faktor biaya.

Editor : Arham Hamid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut