get app
inews
Aa Text
Read Next : Bandara Sultan Hasanuddin Berangkatkan 400 Pemudik Dalam Agenda Mudik Bersama BUMN

Bandara Sultan Hasanuddin Layani Lebih dari 630 Ribu Penumpang Selama Posko Lebaran 2025

Sabtu, 12 April 2025 | 17:50 WIB
header img
Petugas Posko Angkutan Lebaran 2025 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. (Foto: Humas)

MAROS, iNewsCelebes.id - PT Angkasa Pura Indonesia secara resmi menutup Posko Angkutan Lebaran 2025 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Posko yang berlangsung selama 22 hari, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, mencatat lonjakan trafik penumpang yang signifikan.

General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Minggus Gandeguai, memimpin langsung penutupan posko yang digelar di area keberangkatan bandara. Acara ini juga dihadiri oleh berbagai instansi dan komunitas bandara, seperti Lanud Hasanuddin, Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, BASARNAS, Airnav, Polsek Bandara, Balai Besar Karantina Makassar, BMKG, mitra usaha, serta perwakilan maskapai dan groundhandling.

632.819 Penumpang Terlayani

Selama periode posko Lebaran 2025, Bandara Sultan Hasanuddin melayani sebanyak 632.819 penumpang, dengan rata-rata harian mencapai 28.765 penumpang. Di sisi pergerakan pesawat, tercatat sebanyak 4.666 penerbangan atau sekitar 212 penerbangan per hari. Sementara untuk kargo, jumlahnya mencapai 6.367 ton dengan rata-rata 289 ton per hari.

Puncak arus mudik terjadi pada 28 Maret 2025 (H-3) dengan jumlah penumpang mencapai 35.690 orang, sedangkan arus balik tertinggi tercatat pada 7 April 2025 (H+6) dengan 37.594 penumpang.

Bandara tujuan dan kedatangan terbanyak selama masa angkutan Lebaran tahun ini adalah Bandara Soekarno-Hatta Banten dengan 159.755 penumpang, disusul Bandara Juanda Surabaya (81.000 penumpang) dan Bandara Haluoleo Kendari (54.742 penumpang).

112 Penerbangan Ekstra

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, sebanyak 112 penerbangan ekstra berhasil direalisasikan selama masa posko Lebaran. Penerbangan tambahan ini dihadirkan untuk memperkuat kapasitas dan mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang hendak mudik maupun kembali dari kampung halaman.

“Selama posko berlangsung, operasional bandara berjalan dengan aman, tertib, dan lancar sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder bandara atas koordinasi dan kerjasamanya selama posko Lebaran 2025 ini,” ujar Minggus Gandeguai.

Dengan rampungnya posko Lebaran 2025, Bandara Sultan Hasanuddin kembali fokus memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa di luar periode puncak mudik

Editor : Leo Muhammad Nur

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut