get app
inews
Aa Read Next : Taman Integritas Kantor Imigrasi Makassar: Ada Wifi, Anak-anak Bebas Bermain, Orangtua Bisa Ngopi

Irjen Kemenkumham Puji Inovasii di Kantor Imigrasi Makassar

Jum'at, 25 Maret 2022 | 22:26 WIB
header img
Irjen Kemenkumham, Razilu (pakai kopiah adat) didampingi jajaran pejabat Kanwil Kemenkumham Sulsel saat meresmikan tiga inovasi layanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar, Jumat (25/3/2022).

MAKASSAR-celebes.iNews.id: Inovasi yang dilakukan Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Makassar untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat mendapat apresiasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham RI, Razilu, secara khusus meresmikan tiga inovasi yang digagas oleh Kanim Makassar di Kantor Kanim, Jl Perintis Kemerdekaan, Biringkanaya, Jumat (25/3/2022).

Inovasi yang diimplementasikan di  tahun 2022 ini adalah Taman Integritas, Kaisar Si Mantap (Siap Melayani Anda Tanpa Antrian Paspor), dan Kaisar Chit Chat Podcast. Seremoni peluncuran berlangsung di Taman Integritas Kanim Makassar.

Dalam seremoni ini, Razilu ddampingi Kakaknwil Kemenkumham Liberti Sitinjak Kepala Divisi Imigrasi Jaya Saputra, Kepala Divisi Administrasi. Sirajuddin, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supraptp, Kepala Kanim Makassar Agus Winarto, serta seluruh jajaran di Kanim Makassar. ,

 

Ekspektasi Masyarakat

Saat menyampaikan sambutannya, Razilu mengatakan  ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan piublik yang dilakukan oleh aparatur pemerintahan sangat tinggi.

"Masyarakat adalah pembayar pajak dan mereka berharap lebih kepada pemerintah melalui layanan birokrasi termasuk layanan pembuatan dokumen keimigrasian," kata Razilu.

Razilu yang saat ini juga menjadi Pelaksana tugas Dirjen Kekayaan Intelektual Kemekuamham mengungkapkan bahwa ,publik menuntut pelayanan yang lebih suportif, dengan mengutamakan kepuasan pengguna layanan.

"Maka yang ideal adalah pemerintah harus berjalan seiring dengan kehendak publik itu," katanya.

Dia  menilai tiga inovasi yang diluncurkan oleh Kanim Makassar ini sudah pada tahapan memanjakan masyarakat sebagai objek dari pelayanan keimigrasian.

Menurutnya, Taman Integritas memiilki empat manfaat yakni sebagai tempat bercengkrama bagi keluarga, tempat pertemuan dengan kolega, menjadi area tunggu yang nyaman bagi keluarga pemohon paspo yang ikut mengantar dsan tempat pembelajaran bagi masyarakat.

Sementara Kaisar Si Mantap adalah layanan paspor di luar kantor Imigrasi dengan cara mengunjungi komunitas masyarakat yang bermohon untuk proses foto dan sidik jari di tempat mereka masing-masing, , termasuk di wilayah luar Kota Makassar.

Ada pun inovasi Kaisar Chit Chat. Membuat Kanim Makassar selalu hadir dalam tiap platform kekinian di masyarakat. Hal ini sangat sesuai dengan kondisi masyarakat sekarang, khususnya bagi kaum mileniall.

Salah satu platform yang dimaksud ialah Podcast.

"Inilah platform ini yang dapat menjadi media penyebaran informasi keimigrasian dan lebih familiar dalam genggaman akses informasi by mobile phone," katanya.

Razilu jugha berpesan agar semua stakeholder Kemenkumham untuk terus menerus melakukan perbaikan di semua lini pelayanan khususnya sistem kerja dan sinergi yang utuh.

Pemohon Puas

Kanim Makassar telah mendapatkan penghargaan dari Kemenpan Ri sebagai instansi dengan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan  Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Belum banyak unit pelaksana teknis di lingkup Kemenkumham yang dapat merai prestasi tersebut.

Salah seorang oemohon paspor, Abdul Wahab, mengaku sangat piuas dengan pelayanan yang didapatkan di Kanim Makassar. Pria yang tinggal di kawasan utara Makassar ini diantar salah seorang putranya datang ke Kanim Makassar, Kamis (24/3/2022).

“Saya ini baru pertama kali mengurus paspor dan ternyata tidak lebih dari 25 menit semua proses sudah selesai sampai saya wawancara dan foto. Setelah itu saya diberi resi pembayaran dan saya sudah bisa pulang untuk mengurus kerjaan,” kata pedagang toko klontong ini.

 

Editor : Nur Farida

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut