get app
inews
Aa Read Next : Jajaran Kanim Makassar Siap Layani Jamaah Calon Haji Embarkasi Bandara Sultan Hasanuddin

Taman Integritas Kantor Imigrasi Makassar: Ada Wifi, Anak-anak Bebas Bermain, Orangtua Bisa Ngopi

Rabu, 30 Maret 2022 | 23:08 WIB
header img
Seorang anak asyik bermain di Taman Integritas Kantor Imigrasi Makassar, Rabu (30/3/2022). Kaasan jni juga diengkapi sarana wifi.

Makassar – Celebes.iNews.id: Suasana sejuk dengan angin sepoi-sepoi membuat betah saat duduk santai di taman yang terletak di samping masjid Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar di Jl Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Ya, itulah yang dirasakan sejumlah pemohon paspor saat bersantai sejenak usai mengurus dokumen perjalanan ke luar negeri tersebut, Rabu (30/3/2022) di kawasan taman yang dinamakan Taman Integritas

Ruang publik ini diresmikan penggunaannya oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Razilu, Jumat (25/3/2022) lalu,

“Saya tadinya mau cepat pulang setelah mengantar ibu saya mengurus paspornya. Tapi anak saya yang masih berusia tiga tahun ini keasyikan bermain jadinya kami harus tinggal lagi satu jam,” ujar warga bernama Mursida yang tinggal di kawasan Antang, Manggala, Makassar.

Hal yang sama diunggakpkan oleh Aan. Pemuda yang bermukim di utara Kota Makassar ini mengantar beberapa keluarganya megurus paspor untuk persiapan umroh. “:Enak di sini bisa sambal ngopi dan ngemil. Jadi saya tidak bosan menunggu. Malah bisa main domino,” katanya denhan nada canda.

Menurut Kepala Seksi Teknologi Informasi Kanim Makassar, Andi Rezka Arupalakka, sejak awal tahun 2022, Kanim Makassar mulai menata lahan yang jarang terpakai untuk dijadikan ruang publik yang nyaman bagi pemohon paspor.

“Jadi kami berusaha menciptakan suasana yang nyaman dan enjoy bagi masyarakat yang datang ke kantor ini. Terutama untuk anak-anak agar mereka bisa bermain di saat orangtuanya sedang konsentrasi mengurus paspor,” jelas Rezla.

Saat meresmikan taman ini, Razilu mengatakan,“Pembukaan Taman Integritas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar ini adalah salah satu upaya dalam menjawab tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang optimal.”

Menurutnya, perbaikan sarana dan prasarana yang dilakukan oleh Kanim Kelas I TPI Makassar akan mengakselerasi tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diselenggarakan di kantor ini.

Namun, ada hal yang tidak boleh dilupakan yakni kondisi sarana dan prasarana yang baik perlu ditunjang pula dengan budaya pelayanan yang optimal dari petugas di bagian layanan.

“Jadi tidak hanya kondisi sarpras saja yang bagus, namun kompetensi, budaya, dan sikap para petugas layanan juga harus menunjukkan hal yang serupa.” kata mantan Staf Ahli Menkumham ini.

Terdapat beberapa meja parasol, gazebo dan ruang bermain anak serta spot foto menarik di Taman Integritas. Adapula akses wifi gratis dan layanan kantin sekitar yang bisa dipesan secara digital. Kini, pemohon paspor dapat menikmati taman tersebut sebagai sarana penunjang kepuasan layanan publik.

Editor : M. S Fadil

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut