388 Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Makassar Berangkat 24 Mei 2023

Wahyu Ruslan
Asisten I pemprov Sulsel, Aslam Patonangi bertindak sebagai Inspektur Apel Siaga di halaman Wisma Jabal Uhud Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin (22/5/2023). Foto: iNewsCelebes.id/Wahyu Ruslan

MAKASSAR, iNewsCelebes.id -  Jemaah haji kloter pertama Embarkasi Makassar dijadwalkan akan masuk di Asrama Haji Sudiang Makassar Selasa (23/5/2023) Besok. Kemudian keesokan harinya Rabu (24/5/2023) jemaah akan diterbangkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz  Kota Madinah.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sulawesi Selatan Andi Aslam Patonangi mengatakan dibutuhkan persiapan dan kerjasama untuk keberhasilan penyelenggaraan ibadah Haji tahun ini utamanya di Embarkasi Makassar. 

"Seluruh komponen saya harapkan berpartisipasi aktif, terutama dalam memperlancar dan membantu penyelesaian setiap urusan dan masalah jemaah calon haji Indonesia, lebih khusus jemaah haji lansia" kata Aslam Patonangi saat bertindak sebagai Inspektur Apel Siaga di halaman Wisma Jabal Uhud Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin (22/5/2023).

Apel siaga ini diikuti oleh seluruh perangkat pemerintah yang terlibat dalam penyelenggaraan haji diantaranya Kanwil Kemenag Sulsel, Dinas Kesehatan Sulsel dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar, Imigrasi, Bea Cukai, Obvit Polda Sulsel, UPT Asrama Haji Sudiang, Otorita Bandara, Catering Haji, Dinas Perhubungan, Angkasa Pura dan Pembantu Panitia Penyelenggara (PPIH) Embarkasi Makassar.

Lebih lanjut Aslam Patonangi mengatakan, tantangan dan hambatan pasti akan ditemui. Namun demikian, semuanya bisa diatasi jika panitia saling berkoordinasi, bekerjasama dengan seluruh stake holeder terkait. 

"Gubernur mengimbau kepada seluruh panitia untuk melakukan penyempurnaan tata kelola dan peningkatan layanan sehingga Embarkasi Makassar kembali bisa meraih predikat sebagai Embarkasi terbaik di Indonesia,’’ tutur Aslam saat membacakan sambutan Gubernur Sulsel.

Sementara itu, Kakanwil Kementerian Agama Sulsel H. Khaeroni selaku Ketua PPIH Embarkasi Makassar, menginformasikan bahwa Embarkasi Makassar akan melayani Jemaah haji dari 8 Provinsi di Indonesia Timur yakni Sulsel, Sulbar, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat dengan  total jemaah haji 15.884 orang yang terdiri dari 41 kloter 7. Kloter pertama diisi jemaah haji dari Kota Makassar sebanyak 393 orang.

"Rinciannya 388 orang jemaah ditambah 5 orang Petugas Kloter. Mereka akan diterbangkan pada tanggal 24 Mei 2023 pukul 01.55  Wita dini hari," kata Khaeroni dalam siaran persnya.

Editor : Arham Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network