Kepedulian Terhadap Kelompok Rentan Terus Ditunjukan dr Udin Malik

Muhammad Arham Hamid
Dokter Udin Malik Peduli Lansia - Foto Istimewa/Humas

MAKASSAR, iNewsCelebes.id -- Gerakan peduli terhadap kelompok rentan atau lanjut usia (lansia) terus ditunjukan Ketua Forum Kemanusian Kota Makassar (FKKM), dr Udin Malik. Kepedulian itu diaplikasikan lewat program Dokter Kita yang digagasnya. 

Hal itu terlihat saat mengunjungi dua lansia di Kecamatan Makassar, Senin (22/05/2023). Kedua lansia itu adalah Daeng Pajja (80) dan Daeng Tarring (85). 

Kedua lansia tersebut mengalami penyakit yang berbeda. Daeng Pajja mengalami nyeri punggung dan nyeri perut. 

Lalu, Daeng Tarring sudah buang air besar dan terus nyeri perut. Sehingga membuatnya dirinya terbaring lemah. 

Dalam kunjungan tersebut, dr Udin Malik memberikan pelayanan kesehatan dasar salah satunya mengukur kondisi tubuh. 

Ketua FKKM, dr Udin Malik menyampaikan bahwa kunjungan tersebut tidak terlepas dari program Dokter Kita. Semua berkat kepedulian bersama, karena informasi ini berdasarkan laporan warga. 

Program Dokter Kita kata Alumni Fakultas Kedokteran Unhas 2013 yang meraih predikat Summa Cumlaude dengan IPK 4.0 itu terbentuk karena salah satu yang mendasari adalah kepedulian ke kelompok rentan. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki jaminan kesehatan dan sosial. 

"Dokter Kita ibarat payung untuk kehidupan. Dokter Kita atau Dokter Keliling Bertanya, apa yang ditanyakan? Kalau sakit apakah masyarakat sudah tahu harus hubungi siapa dan harus punya jaminan apa," ujarnya. 

Ternyata, hal dasar itu saja banyak masyarakat belum mengetahui. Hal itu berdasarkan hasil kunjungan FKKM sejak didirikan di tahun 2021 lalu. 

"Untuk itu, melalui program Dokter Kita masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan atau KIS dilakukan pengawalan. Juga masyarakat yang butuh pelayanan kesehatan kita kawal," katanya. 

Dokter Udin Malik mengutarakan, mengapa hal ini penting. Itu karena sudah banyak kasus yang didapatkan FKKM. 

Kedua lansia tersebut pun merasa begitu bahagia karena bisa dikunjungi langsung dr Udin Malik. Dia pun sesekali menebar tawa dan terlihat begitu semangat diperiksa oleh dr Udin Malik. (*)

Editor : Thamrin Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network