Wow, JCH Berumur Satu Abad Ini Berangkat Haji Seorang Diri

Wahyu Ruslan
Jamaah haji tertua (I Muma) dan termuda (Kiky) di Kloter Empat Embarkasi Makassar didampingi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Foto : iNewsCelebes.id/Wahyu Ruslan

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - I Muma, nenek berusia satu abad lebih yakni 102 tahun menjadi salah satu Jamaah Calon Haji (JCH) dari kloter empat yang diberangkatkan ke Tanah Suci, Jumat (26/5/2023) Siang.

I Muma adalah jamaah asal Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan berangkat haji melalui Embarkasi Makassar. Meski sudah lanjut usia dengan kondisi fisik yang renta, namun I Muma siap menunaikan rukun Islam yang kelima seorang diri tanpa pendamping.

Bustam, cucu I Muma mengatakan jika neneknya itu lahir pada 31 Desember 1922. Dirinya membeberkan resep sang nenek yang selalu sehat dan bugar.

"Beliau juga tidak makan yang ada campuran vetsin, bisa dibilang ia juga tidak makan daging misalnya daging sapi, kambing, ayam tapi sesering mungkin makan sayur-sayuran, apalagi makan-makanan siap saji, tidak pernah," jelas Bustam. 

Bustam menambahkan jika neneknya itu juga tidak pernah masuk Rumah Sakit (RS) diopname.

I Muma berangkat haji setelah menunggu selama sekira enam tahun. Kuota lansia yang ditetapkan pemerintah di tahun ini mengantar Nenek Muma bisa menunaikan ibadah rukun Islam kelima di Tanah Suci.

Pada kloter empat ini, terdapat juga JCH termuda berusia 22 tahun atas nama Kiki Resky Amanda, ia menggantikan Bapaknya karena telah meninggal pada tanggal 27 Desember 2022 atas nama Hasan Ibrahim.

"Alhamdulillah bisa diberi kesempatan oleh Allah untuk berangkat ke Mekkah. Saya berharap semoga nilai ibadah haji ini tercurah kepada Bapak," ucap gadis singel ini dengan mata berkaca-kaca.

Keberangkatan Kiki di Kloter Empat mempertemukannya dengan I Muma yang kemudian dipanggil sebagai "Mama".

"Saya diharapkan oleh Kemenag Parepare agar kiranya sebagai yang masih muda turut membantu jamaah yang sudah tua-tua seperti Mama I Muma ini, dan Insya Allah saya siap semampu saya, mohon doanya semua agar kami diberkahi kekuatan dan kesehatan selama di tanah suci" ucap Gadis singel ini.

Editor : Arham Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network