dr. Udin Malik : Makassar Menuju Zero Stunting 2024

Yusuf Al Faresi
Ketua Forum Komunikasi Kota Makassar (FKKM), dr. Udin Malik, Optimis dengan program 1 anak 1 warung makan dapat mewujudkan Makassar zero stunting - Foro : iNewsCelebes.id/ Yusuf Al Faresi

Makassar - iNewsCelebes.id,  Pencegahan dan pengendalian stunting harus berjalan beriringan. Demi menuju Makassar Zero Stunting 2024. 

Hal ini diungkapkan Ketua Forum Komunikasi Kota Makassar (FKKM), dr. Udin Malik, saat menjadi pembicara di Forum Group Discussion (FGD) Stunting di Kelurahan Mandala dan Bonto Lebang, Makassar, Jumat (16/06/2023).

Menurut dr. Udin Malik, untuk mewujudkan Makassar zero stunting, selain tindakan pencegahan,  pengendalian atau monitoring juga sangat diperlukan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan  memaksimalkan program 1 anak 1 warung.

"Dampak positif program 1 Anak 1 Warung Makan, seperti yang telah uji studi 100 hari di Kelurahan Ballaparang. Melibatkan 11 anak, 9 pendamping, dan didampingi 7 warung. Konsepnya 1 porsi ke 1 anak per hari. Dalam waktu dua pekan ada anak yang berat badannya naik 1kg, paling rendah itu 0,5-07kg," ujar dr. udin Malik.

Bahkan kata Alumni Fakultas Kedokteran Unhas 2013 yang meraih Summa Cumlaude dengan IPK 4.00 itu menyampaikan bahwa inovasi 1 Anak 1 Warung Makan telah diusul ke Kemendagri sebagai inovasi daerah Kota Makassar. Jika disetujui, program ini akan diterapkan nasional. 

"Kita harap setelah sosialisasi ini kita kader PKK, KB, Posyandu, dan lainnya bisa bergotong royong untuk pengendalian stunting," tuturnya. 

dr Udin Malik pun menegaskan bahwa pada intinya, harus dipahami bahwa stunting itu bukan masalah tinggi atau berat badan. Namun, stunting itu akan sangat berpengaruh ke tingkat kecerdasan atau pertumbuhan otak anak.

Editor : Andi.M.Yusuf Aries

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network