Aksi Demo Mahasiswa Makassar Tolak Presiden Tiga Periode Berlanjut di Sejumlah Kampus

Muh Yusuf
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar aksi di depan kampus mereka, Jl Sultan Aklauddin, Makassar, JUmat (8/4/2022) sore.

MAKASSAR-celebes.iNews.id: Aksi demo mahasiswa di Kota Makassa, Sulawesi Selatan (Sulsel), kembali berlanjut, Jumat (8/4/2022) sore. Ini adalah aksi hari ketiga mahasiswa menolak masa jabatan presiden diperpanjang tiga perode dan penundaan Pemilu 2024.

Aksi yang berlangsung hari ini melibatkan mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Univesitas Bosowa (Unibos) di Jl Urip Sumoharjo serta mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Jl Sultan Alauddin.

Akibatnya sempat terjadi kemacetan di ruas jalan yang mengarah dan melewati lokasi aksi di depan kampus masing-masin. Selain membakar ban, mahasiswa juga sempat menahan mobil truk untuk menutup jalan,

Para mahasiswa ini turun dengan mengenakan jas almamater nya masing-masing. "Kami menilai presiden tiga periode adalah mengankangkangi dan memperkosa konstitusi kita. Di pasal 7 UUD (Undang-undang Dasar 1945) presiden dan wakil presiden hanya dua periode," kata Anugrah, mahasiswa UMI yang menjadi juru bicara aksi tersebut  saat dtemui wartawan di depan kampunya.

Menurutnya, mahasiswa justru memita pemerintah untuk mengatasi kelangkaan minyak goring yang membuat masyarakat menjerit, “Harusnya fokus ,mengatasi kelangkaan dan mahalnya minyak goreng saat ini. Bukan malah meminta presiden tiga periode,” tambahnya.   

Sementara itu ratusan mahasiswa Unibos juga melakukan aksi serupa dengan bergerak ke bawah fly over Urip-Pettarani dengan tuntutan yang sama disuarakan oleh mahasiswa UMI..  

Sedangkan mahasiswa Unismuh sempat saling dorong polisi saat meraka menutup ruas jalan Sultan Alauddin dari arah Makassar ke Gowa, Aksi mahasiswa ini dinilai dapat menyebabkan kemacetan yang parah.

Namun polisi akhirnya mengalah dan membiarkan mahaasiswa menguasai jalan tersebut sambal melakukan orasi.Para mahasiswa Unismuh ini juga mengusung penolakan masa jabatan tiga periode dan mendesak pemerintah mengatasi masalah ekonomi yang dihadapi rakyat seperti kelangaan minyak goreng dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM)

Dua hari sebelumnya, Rabu (6/4/2022), sekitar 500 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) juga melakukan aksi yang sama dan menyebabkan kemacetan di Jl Urip Sumoharjo hingga Jl Perintis Kemerdekaan hingga empat kilometer,

Editor : M. S Fadil

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network