Logo Network
Network

Jangan Panik, Begini Perbedaan dan Penanganan Epilepsi dan Kejang Demam pada Anak

TIm iNews.id
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 20:55 WIB
Jangan Panik, Begini Perbedaan dan Penanganan Epilepsi dan Kejang Demam pada Anak
???????Kejang demam pada anak, merupakan kejang yang dipicu oleh demam dan umumnya tidak menimbulkan dampak yang berbahaya. Foto: Shutterstock.

KEJANG demam pada anak, merupakan kejang yang dipicu oleh demam dan umumnya tidak menimbulkan dampak yang berbahaya.

Berbeda dengan epilepsi merupakan kondisi yang perlu penanganan serius dimana kejang terjadi berulang tanpa dipicu oleh demam. 

Hal tersebut menjadi topik bahasan pada Webinar kesehatan yang dihelat Siloam Hospitals Makassar, Rabu (03/08/2022) lalu yang dihadiri  ratusan peserta edukasi melalui kanal Instagram, Zoommeeting dan presentasi offline di  rumah sakit yang berlokasi si jalan Metro Tanjung Bunga kav.9 Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini. 

Sebagai Pembicara dalam edukasi tersebut, dokter Spesialis Neurologi, dr Lilian Triana Limoa M.kes Sp.N(K)., mengatakan kejang demam dengan definisi singkat, yaitu bangkitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh (suhu rektal diatas 38 Celcius) dan disebabkan oleh suatu proses ekstrakranium (di luar rongga tengkorak).

Apabila anak berumur kurang dari 6 bulan atau lebih dari 5 tahun mengalami kejang didahului demam, perhatikan kemungkinan lain misalnya infeksi SSP ( infeksi susunan saraf pusat), atau epilepsi yang kebetulan terjadi bersama terjadinya demam. 

"Adapun Epilepsi atau 'ayan' merupakan kondisi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang berulang (bangkitan/serangan berupa kejang) yang menyerang karena kerusakan atau perubahan dalam otak", tutur Lilian Triana,  Dokter Spesialis Neurologi, Konsultan Neuropediatri di awal sesi edukasi.

Disampaikan Lilian, terdapat perbedaan kejang demam dan epilepsi secara garis besar, adalah pemicunya dan bentuk bangkitan kejangnya. "Dibedakan dari durasi, tipe kejang, usia dan lain sebagainya," imbuh Lilian Triana.

Dan perbedaan kejang demam dengan epilepsi sangat banyak segi yang patut diketahui antara lain ; Kejang demam umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. Sedangkan epilepsi cukup bervariasi.

Kondisi demam memang sering menjadi pemicu, penyebab kejang demam ekstrakranial dan tidak ada riwayat kejang tanpa demam sebelumnya, sedangkan epilepsi penyebab dari intrakranial dan sering terdapat riwayat bangkitan kejang yang sama sebelumnya.

Penyebab kejang demam adalah ektrakranial (diluar rongga tengkorak). Adapun epilepsi dipastikan Intraktanial. Kejang demam tidak butuh riwayat sebelumnya seperti Epilepsi dengan segi durasi serta berulang. 

Follow Berita iNews Celebes di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.