get app
inews
Aa
Read Next : Halalbihalal di Kecamatan Makassar, Indira Yusuf Ismail Pesan Jaga Kekompakan

Jangan Panik, Begini Perbedaan dan Penanganan Epilepsi dan Kejang Demam pada Anak

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 20:55 WIB
header img
???????Kejang demam pada anak, merupakan kejang yang dipicu oleh demam dan umumnya tidak menimbulkan dampak yang berbahaya. Foto: Shutterstock.

Mencegah Epilepsi dengan Jari Tangan dan Minum Kopi Adalah Mitos

Pada edukasi, disampaikan pula bahwa mencegah epilepsi dengan menekan jari tangan ada benarnya. "Karena ada beberapa penelitian yang sedang mengembangkan ini," ungkap Lilian Triana. Adapun mencegah epilepsi dengan kopi adalah mitos. Hal ini terungkap pada sesi tanya jawab.

Pada sesi edukasi selanjutnya akan kedua penyakit tersebut, adanya hal berbeda di sisi pengobatan yang terkadang kejang demam cukup diberikan obat penurun panas (yang berdurasi singkat) namun konsumsi obat antiepilepsi pada pasien terdiagnosa harus rutin setiap hari yang bertujuan kestabilan kadar obat pada tubuh pasien serta akan menurunkan frekuensi 'kambuh'. 

Konsultasi secara intensif dan berkelanjutan kepada dokter merupakan cara terbaik agar kejang demam pada anak dapat dihindari pun pada penangan epilepsi yang  perlu pengobatan spesifik dalam jangka waktu tertentu sesuai aturan kelompok studi epilepsi. 

 "Pahami akan kejang demam tidak selalu berujung atau menjadi epilepsi", ungkap dr Lilian Triana Limoa M.kes Sp.N(K)., 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut