get app
inews
Aa Read Next : Solar Masih Langka di Makassar, Puluhan Truk dan Bus Antre

Antrean Solar di SPBU Masih Panjang, Pertamina Sebut Solar di Sulsel Melimpah

Selasa, 15 Maret 2022 | 16:47 WIB
header img
Bus antarkota menunggu giliran mengisi solar di SPBU di Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Selasa (15/3/2022). Para sopir harus menunggu sekitar dua jam sebelum mendapat giliran,.

MAKASSAR -celebes.iNews.id: Antrean panjang pembelian BBM jenis solar masih terlihat di sebagian besar SPBU yang di ada Kota Makassar dan sekitarnya, Selasa (15/3/2022).  Dari pantauan di lima SPBU yang ada di Jl Masjid Raya, Jl Bawakaraeng dan di Jl Perintis Kemerdekaan panjang antrean truk dan bus sudah menimbulkan kemacetan arus lalu lintas.

Namun PT Pertamina Regional Sulawesi membantah terjadi kelangkaan sebagai penyebab panjangnya antrean solar di sejumlah SPBU di Sulawesi Selatan (Sulsel). Bahkan Senior Supervisor Communication and Relation PT Peramina Regional Sulawesi Taufiq Kurniawan menegaskan stok BBM solar yang ada di instalasi/depo justru melimpah dengan ketersediaan mencapai 18 ribu kiloliter per hari.

“Jadi kami pastikan ini bukan karena kelangkaan ya. Stot solar kita di Sulsel ini masih aman dan bahkan bisa dibilang melimpah. Kalau ada antrean itu SPBU tertentu saja,’ jelasnya.

Dia menjelaskan, setiap SPBU memiliki kuota masing-masing. Mereka yang mengatur untuk menentukan pembelian jumlah jatah kuotanya. Bagi mereka yang sudah melebih kuota tentu akan menghentikan sementara pembeliannya sehingga kuotanya tetap terjaga.

Menurutnya konsumen tidak perlu panik dengan kondisi yang disaksikan di beberapa SPBU tersebut karena Pertamina menjamin pasokan solar di daerah ini akan cukup sampai akhir tahun.

Pengemudi bus antar kota antar provinsi (AKAP) Cahaya Ujung rute Makassar-Kolaka (Sulawesi Tenggara), Ramlan, mengaku harus antre hingga dua jam untuk mendapatkan jatah 80 liter solar di SPBU Puskopolda di Jl Masjid Raya.

“Bukan cuma di Makassar seperti. Di daerah seperti Bone dan Maros antrean kendaraan yang mau beli solar juga panjang. Jadi kami harus kehilangan waktu padahal kami juga harus istirahat untuk menjaga kondisi menempuh perjalanan jarak jauh,’ jelasnya.

Editor : Nur Farida

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut