Logo Network
Network

Kanwil Kemenkumham Sulsel dan Ikatan Notaris Bersinergi dalam Pengawasan

Muh Yusuf
.
Rabu, 23 Maret 2022 | 09:00 WIB
Kanwil Kemenkumham Sulsel dan Ikatan Notaris Bersinergi dalam Pengawasan
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Liberti Sintinjak, saat menerima kunjungan Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Sulsel di ruang kerjanya, Jl Sultan Alauddin, Makassar.

MAKASSAR - celebes.iNews.id:  Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kenterian Hukum dan Gak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Liberti Sintinjak, berharap Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (PW INI) Sulsel selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan pihaknya, khususnya dalam pengawasan notaris.   

"Pertemuan ini juga bagian dari sinergitas antara Pengurus Wilayah INI Sulsel untuk dengan kami di kemenkumham dan kami mengapresiasnya" kata Liberti saat menerima kunjungan pengurus INI Sulsel di kantornya,Jll Sultan Alaiuddin, Makassar, Selasa (22/3/3022).

Liberti baru dua pekan bertugas di Sulsel. Sebelumnya, dia menduduki jabatan direktiur di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham RI di Jakarta, Prias asal Sumatera Utara inu adalah mantan Kakanwil di Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Sedangkan Ketua pengurus INI Sulsel, Abdul Muis menjelaskan,  INI adalah satu-satunya organisasi yang menjadi wadah bagi noteris dengan posisi yang bebas dan mandiri. Muis menambahkan, saat ini ada 527 notaris yang tersebar di 24 kabupaten/ota di Sulsel.
Organisasi ini dibentuk dengan tujuan meningkatkan kualitas profesi notaris. "Makanya rrganisasi ikatan notaris Indonesia punya kode etik notaris. Fungsinya bersifat ganda, yakni untuk mengontrol perilaku anggota secara profesional sehingga bisa mencegaj penyalahgunaan pengetahua atay keunggulan yang dimiliki profesi ini sehingga martabat dari profesi selalu terjaga," kata Muis.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Hukum Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Sulsel, Mohammad Yani, menjelaskan, di tahun 2020 ada 18 notaris baru yang dilantik dan 2021 bertambah 62 notaris baru.

 

Editor : Nur Farida

Follow Berita iNews Celebes di Google News

Bagikan Artikel Ini