get app
inews
Aa Read Next : Gunung Ruang Kembali Meletus, Tinggi Abu Vulkanis Mencapai 5.000 Meter

Prof Muslimin Machmud: Bahasa Melayu Indonesia Berpeluang Menjadi Bahasa Internasional

Rabu, 25 Mei 2022 | 14:14 WIB
header img
Guru Besar Ilmu Komunikasi Universotas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof Dr Muslimin Machmud saat menjadi pembicara di Kuala Lumpur, Selasa (24/5/2022).

Prof. Muslimin menjadi salah satu pembicara yang menyampaikan ide dan gagasan pada topik Memuliakan Bahasa Melayu di Kawasan ASEAN. Duduk bersama dalam forum tersebut, sejumlah tokoh intelektual dari berbagai negara yakni dari Singapura, Thailand, dan Kamboja dan Malaysia.

Menurut Muslimin, sejarah bahasa Indonesia tidak lepas dari bahasa Melayu. Karena sejak dulu, bahasa Melayu adalah bahasa yang digunakan sebagai bahasa perantara atau pergaulan.

Maka dasar bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Dalam berkomunikasi, bahasa Melayu digunakan dimana-mana dan semakin berkembang di Nusantara. Bahasa Melayu Indonesia ini kemudian dipengaruhi oleh corak budaya setiap daerah.

“Sehingga bahasa ini tumbuh dengan pengaruh bahasa lain seperti bahasa Sansekerta, Persia, Arab, dan bahasa Eropa. Dengan demikian, dalam perkembangannya, bahasa ini memiliki dialek yang berbeda-beda antar daerah,” tambahnya.

Dia menilai penggunaan bahasa Melayu yang kian mengglobal, tak terkecuali bahasa Melayu versi Indonesia yang menjadi bahasa nasional, adalah peluang bagi bahasa Melayu untuk menjadi bahasa internasional.

“Ada syarat yang sudah terpenuhi untuk menjadi bahasa antar bangsa. Ketika bahasa itu digunakan oleh banyak orang, maka jika kita menggunakan terminologi umum maka syarat ini sudah terpenuhi. Jadi ini peluang sekaligus landasan kuat mengapa seharusnya Bahasa Melayu Indonesia ini bisa digunakan sebagai bahasa internasional, setidaknya di level Asia Tenggara. Bahkan jika ini digunakan sebagai bahasa resmi internasional juga sangat mungkin,” papar pria asal Makassar, Sulawesi Selatan ini.

Editor : Nur Farida

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut