get app
inews
Aa Read Next : Korban Kebakaran dan Tenaga Kebersihan Makan Gratis di Palbas Onta

Pengamat-Peneliti INDEF: Surplus Beras 5 Tahun Terakhir Hasil Rintisan Andi Amran Sulaiman

Rabu, 25 Mei 2022 | 15:02 WIB
header img
Menteri Pertanian periode 2014-2019 Andi Amran Sulaiman mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau areal persawahan di tahun 2019 lalu.

Sementara itu, pengamat politik dan kebijakan publik, Muhammad Saiful mengatakan kerja keras AAS sebagai mentan periode 2014-2019  memang sudah bisa diprediksi akan membuahkan hasil yang cemerlang.

Hal ini ditandai dengan adanya kekaguman dunia internasional terhadap pembangunan pertanian Indonesia serta sangat mengapresiasi hasil kerja Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah komando Andi Amran saat itu.

Bahkan negara-negara anggota Food and Agriculture (FAO) atau Badan Pangan Internasional di bawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa terpukau oleh progresifnya laju pembangunan pertanian Indonesia.

“Pengakuan dunia internasional ini merupakan hasil kerja  yang progresif dan militansi yang tinggi sepanjang 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK di sektor pertanian. Seingat saya, baru kali itu sejak era reformasi, pertanian Indonesia mendapat ‘applause’ dari dunia”, kata peneliti dari Pusat Kajian Politik dan Kebijakan Publik (PKPK), Selasa (24/5/2022)

Menurut Saiful, semua apresiasi terhadap capaian tersebut tidak lepas dari cara kepemimpinan Menteri Amran saat itu dalam melakukan terobosan kebijakan di sektor pertanian.

“Kata kuncinya, gaya kerja yang radikal dari Mentan, seperti yang pernah diungkapkan rektor IPB dulu, menjadikan pertanian Indonesia sangat dinamis dengan lompatan-lompatan positif”, imbuhnya.

Apresiasi ini, kata Saiful, menjadi modal kuat bagi Kementan untuk terus berupaya mempercepat laju pembangunan pertanian Indonesia dengan titik tumpu kesejahteraan petani.

“Pembangunan pertanian Indonesia di bawah kepemimpinan Menteri Amran sudah ‘on the track. Dunia mengakui itu dan hasil kerja keras ini layak diberi apresiasi”, tutupnya.

Editor : Nur Farida

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut