Kloter I Jamaah Haji Embarkasi Makassar Masuk Asrama, Panitia Terapkan Layanan One Stop Service

Wahyu Ruslan
Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji Embarkasi Makassar melayani jamaah haji lansia. Foto : iNewsCelebes.id/Wahyu Ruslan

MAKASSARiNewsCelebes.id - Panitia Pelayanan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar di Asrama haji Sudiang Makassar Tahun 2023 menerapkan program One Stop Service. Hal ini untuk mendukung tagline haji penyelenggaraan haji tahun ini yakni “Haji Ramah Lansia”. Tema ini dipilih sebab setelah tertunda karena pandemi, jamaah haji lansia tahun ini meningkat signifikan. Jumlahnya mencapai 67.000 atau sekitar 30 persen dari total kuota jamaah haji seluruh Indonesia.

Sekertaris PPIH Embarkasi Makassar Ali Yafid menyampaikan bahwa mekanisme layanan One Stop Service bertujuan agar waktu layanan lebih efektif dan efisien, sehingga jamaah haji memiliki banyak waktu untuk istirahat dan manasik selama di asrama haji sebelum ke tanah suci.

"One Stop Service ini meliputi pembagian lembar akomodasi, penyerahan gelang identitas jamaah, penyerahan living cost, pemeriksaan kesehatan jamaah dan WUS (Wanita Usia Subur) di satu lokasi yang sama yakni Aula Arafah Asrama haji," kata Ali Yafid.

Ia menambahkan khusus untuk lansia, PPIH menerapkan layanan “Jemput Bola” yaitu memberikan layanan kepada jamaah lansia secara khusus di semua tahapan pelayanan saat penerimaan.

Sementara itu, sebanyak 388 jamaah haji Kloter pertama Embarkasi Makassar mulai memasuki Area Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (22/5/2023) Pagi.

Seluruh jamaah Kloter Pertama ini berasal dari Kota Makassar. Terdapat 82 jamaah lansia dengan rincian laki-laki 32 orang dan perempuan 50 orang, dengan umur antara  65 sampai 90 tahun. Jamaah tertua berusia 90 tahun atas nama Daeng Mile Kobang, sedangkan jemaah termuda bernama Mutiah Amalia Maskur 21 tahun.

Rencananya para jamaah akan diterbangkan menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada pukul 01.55 Wita dini hari, Rabu 24/5/2023 dengan menggunakan pesawat Garuda Airlines GA  1101 dari Bandara Internasional Sultan hasanuddin Makassar.

Editor : Arham Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network