Dorong Lahirnya Tim Tanggap Bencana, dr Udin Malik : dari Masyarakat untuk Masyarakat

Muhammad Arham Hamid
Forum Kemanusian Kota Makassar (FKKM), dr Udin Malik, dalam kegiatan Penguatan Kawasan untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan di Karebosi Premier - Foto Istimewa/Humas

MAKASSAR, iNewsCelebes.id -- Penguatan wilayah atas bencana bukan hanya bergantung pada satu pihak. Namun, tim tanggap bencana itu mestinya menguat dari masyarakat dan untuk masyarakat. 

Hal itu ditegaskan langsung Forum Kemanusian Kota Makassar (FKKM), dr Udin Malik, dalam kegiatan Penguatan Kawasan untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan di Karebosi Premier, Selasa (23/05/2023). 

Berlandaskan hal tersebut, dr Udin Malik pun akan mendorong lahirnya tim tanggap bencana tingkat kelurahan. 

"Di masing-masing keluarahan kita akan inventarisir, siapa pernah ikut tagana, siapa pernah ikut relawan. Kita akan organisasi kan itu, baru kita buatkan program kerja," tuturnya. 

Hanya saja, pemuda yang juga merupakan Formatur Pengurangan Risiko Bencana Kota Makassar itu mengatakan terlebih dahulu harus dipahami bahwa kebencanaan itu efek atau fatalitas berbanding terbalik dari penangananya. 

"Kalau kita tahu cara menangani dan mengurangi risiko, maka efeknya tidak begitu merugikan bagi kita," ujarnya di hadapan ratusan relawan kebencanaan yang hadir. 

Sebab, bencana itu hal yang pasti akan dihadapi. "Untuk itu, harus dikuatkan bahwa bencana itu urusan bersama," jelasnya. 

Sebagai contoh pada bencana kebakaran. "Kalau kita tahu cara bagaimana menghindari dan penanganan maka selain mengurangi risiko kerugian besar juga akan berkurang," ucapnya. 

Risiko tidak bisa dihindarkan. "Masalah bencana itu Kita harus siap siaga," jelasnya.

"Dalam forum penanggulangan bencana, kita haru kenali objek-objek layanan. Sehingga saat ada bencana kita tahu apa yang harus dilakukan saat ada bencana," tambahnya. 

Hanya saja, pemuda yang telah malah melintang sebagai relawan bencana itu menegaskan bahwa menjadi relawan bencana itu betul-betul yang harus dikuatkan jiwa kemanusian. Sebab, ini gerakan yang bukan karena ada gaji atau menjadi ruang untuk mencari materi. (*)

Editor : Thamrin Hamid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network