Empat Prodi di FK Unhas Jalani Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN

Dahlia
Pembukaan visitasi akreditasi internasional Fakultas Kedokkteran Unhas di Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Sulsel, Selasa (31/5/2022)

MAKASSAR-celebes,iNews.id: Lembaga akreditasi internasional  Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) melaksanakan visitasi daring untuk akreditas empat program studi pada Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas).

Keempat prodi yang menjalani proses visitasi yakni S1 pendidikan kedokteran, prodi spesialis ilmu penyakit dalam (IPD), prodi spesialis gizi Klinis, dan prodi spesialis Mata.

Pembukaan kegiatan ini berlangsung di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (31/5/2022).

Turut hadir Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc, para wakil rektor, anggota majelis wali amanat (MWA), senat akademik, dewan profesor, direktur, para dekan dan kepala biro di lingkup Unhas.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa yang akrab disapa Prof JJ  menyampaikan kebanggaannya atas terlaksananya proses asesmen akreditasi internasional yang kembali dilakukan di Unhas.

Prof JJ menuturkan proses ini merupakan kesempatan baik bagi Unhas untuk menunjukkan kualitas dan potensi dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi.

Dia juga memberikan gambaran tentang kondisi Unhas saat ini dalam berbagai aspek seperti pengembangan prodi dan sumber daya manusia. Mantan Dekan Pascasarjana Unhas ini mengatakan, Unhas terus meningkatkan kualitas pada berbagai bidang. Kehadiran Unhas diharapkan bukan hanya bermanfaat atau berdampak secara nasional, namun juga internasional.

"Akreditasi diperlukan sebagai standar untuk menjamin mutu setiap program studi. Dengan meningkatkan status akreditasi internasional yang dimiliki Unhas menjadi upaya dan komitmen kita menuju World Class University. Ini juga menjadi jalan mempromosikan dan memperkenalkan Unhas ditingkat global dan membangun mitra kolaboratif," jelas Prof JJ.

Setelah sambutan pengantar dari pimpinan universitas, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para asesor ASIIN. Secara umum, para asesor memberikan pertanyaan terkait proses pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, serta capaian Unhas dalam berbagai hal.

Untuk para assesor ASIIN yang terlibat dalam proses visitasi berjumkah lima orang yaitu Nancy Maganta Rehatta, Arika Biel, Alice Asseger, Rainer Arrold dan Yudhistira Pradnyan Kioping

Pembukaan asesmen ASIIN Cluster B untuk Fakultas Kedokteran Unhas berlangsung lancar dan dilanjutkan dengan proses asesmen secara internal pada fakultas terkait. Dijadwalkan proses asesmen akan berlangsung hingga Kamis (2/6/2022) besok.

Editor : Nur Farida

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network