get app
inews
Aa Read Next : TPD GANJAR-MAHFUD Bantah Imingi Uang Transport Kepada Peserta Kampanye

Kerap Krisis Tabung Gas, Srikandi Ganjar Berikan Solusi Limbah Merica Sebagai Biogas

Minggu, 12 November 2023 | 15:57 WIB
header img
Komunitas Petani Milenial di Desa Wowondula mengikuti sosialisasi pengolahan limbah merica jadi biogas yang digelar oleh Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan

LUTIM, iNewsCelebes.id - Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan (Sulsel) mengadakan Sosialisasi Mengolah Limbah Merica jadi biogas bersama Komunitas Petani Milenial di Desa Wowondula, Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, Sabtu (11/11/2023).

"Kita ajak perempuan muda untuk peduli dengan lingkungan dengan memanfaatkan limbah merica ini sebagai sumber energi biogas yang bisa dimanfaatkan untuk konsumsi rumah tangga," kata Korda Srikandi Ganjar Kabupaten Luwu Timur, Ferniati.

Dalam sosialisasi tersebut, Ferni membeberkan dampak yang dirasakan masyarakat akibat kurangnya pasokan tabung gas untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Karena terbatasnya pasokan gas 3 kilo ini menjadi krisis yang tergolong memiliki dampak besar di Luwu Timur ini, kadang harganya bisa sampai 2 kali lipat dari harga normal," ujarnya.

Dari pada dibuang ke sungai, Ferni mengimbau masyarakat agar mengolah limbah tersebut menjadi sumber energi terbaru.

"Kami coba gagas kegiatan pemanfaatan limbah merica ini khususnya di Towuti sebagai sumber merica terbesar, dari pada limbahnya dibuang ke danau, mending diolah saja," kata Ferni.

Puluhan perempuan muda terlibat dari sekitar 10 desa di Kecamatan Towuti tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Sangat antusias, pemateri juga bersemangat untuk menyampaikan program tersebut karena dinilai efektif untuk kemajuan warga," lanjutnya.

Pada kegiatan selanjutnya, Srikandi Ganjar akan memberikan praktik secara langsung supaya mereka mengetahui bagaimana langkah demi langkah limbah tersebut bisa menjadi gas.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan menjadi pematik bagi segenap pihak untuk lebih peduli terhadap potensi tersebut, sehingga persoalan gas yang selama ini kerap dihadapi bisa teratasi.

"Kami harap ini jadi pematik yang pada akhirnya dilirik oleh pemerintah untuk terjun langsung menciptakan biogas ini menjadi salah satu sumber yang mampu menopang kebutuhan ga rumah tangga," pungkasnya.

Editor : Arham Hamid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut